Prosedur Memulai Bisnis Investasi Reksadana

By on November 22, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,509 kali
investasi reksadana

Prosedur Memulai Bisnis Investasi Reksadana

Investasi reksadana adalah investasi berjamaah atau bersama-sama untuk membeli sebuah saham, obligasi atau jenis surat berharga yang lainnya. Investasi reksadana ini membantu seseorang yang ingin berinvestasi namun kekayaan yang dimiliki belum cukup untuk membeli reksadana tersebut, maka dari itu sistem pembelian reksadana tersebut menggunakan sistem gotong-royong atau kolektif dari beberapa investor agar pembelian reksadana tersebut jauh lebih ringan dan lebih mudah. Namun sebelum berinvest anda harus mengetahui seluk beluk dari reksadana itu sendiri agar anda juga tahu seberapa besar resiko yang akan diterima nantinya, selain itu juga mengantisipasi terjadinya penipuan yang dilakukan oleh manajer investasi.

Dalam memulai bisnis investasi reksadana ini ada beberapa prosedur yang harus dipenuhi agar proses pendaftaran reksadana ini berjalan sesuai prosedur yang semestinya. Berikut prosedur yang akan anda lewati untuk mendaftarkan diri pada investasi reksadana :

  • Mempelajari dan benar-benar memahami apa itu yang dinamakan dengan reksadana
  • Memahami beberapa pedoman lengkap bagi calon nasabah yang berisi berbagai macam penjelasan, biasanya berisi : Produk reksadana, Manajer Investasi, Kebijakan investasi, Bank Kustodian, Alokasi biaya, perpajakan dan sebagainya.
  • Menghubungi agen penjual reksadana
  • Mengisi formulir dari agen penjual
  • Menyertakan berbagai macam kelengkapan dokumen, seperti : Foto copy KTP, NPWP, dan slip gaji. (Ini untuk nasabah perseorangan). Foto Copy akta perusahaan, Foto copy KTP pengurus, Foto copy NPWP perusahaan, foto copy bukti setoran dan masih banyak yang lainnya. (ini untuk nasabah corporate)
  • Mentransfer dana ke bank kustodian
  • Menyerahkan dokumen, ini adalah proses terakhir yang dilakukan, jadi nasabah menyerahkan seluruh dokumen yang diperlukan oleh penjual reksadana tersebut.

Itulah beberapa tahapan yang akan anda dilewati pada saat pendaftaran untuk investasi reksadana. Jadi nantinya ketika anda mendaftar sebelumnya sudah mempersiapkan beberapa hal yang harus dipenuhi untuk melengkapi segala sesuatu dokumen yang diperlukan, supaya prosesnya segera bisa diverifikasi secepatnya.