Produksi Emas Dunia

By on July 1, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,405 kali
Investasi Emas

Produksi Emas Dunia

Kenaikan harga emas dunia tidak hanya karena terpengaruhi oleh banyaknya permintaan, namun karena dari sisi persediaan (pasokan) juga terus berkurang. Oleh karena itu menyebabkan turunnya produksi emas tiap tahunnya. Tahun lalu saja misalnya, produksi dari emas terbilang lebih baik apabila dibandingkan saat tahun 2008. Tapi dari semua itu tetap saja tidak dapat melampaui jumlah produksi emas saat tahun 2001 yang begitu tinggi sekitar 2600 ton.

Menurut pengamat emas yaitu Thomas Chaize, terjadinya penurunan jumlah produksi emas menjadikan harga dari emas sendiri semakin meningkat tajam. Dalam satu dekade saja, harga emasa mengalami kenaikan dari US$275/ons dan pada bulan ini menjadi lebih dari US$ 1300. Chaize juga menyatakan sebenarnya hanya ada beberapa negara yang menguasai produksi emas. Dahulu Afrika Selatan menjadi penguasa akan tetapi secara perlahan tungkat produksi emas disana mengalami penurunan hingga posisinya tergantikan negara China. Diantara negara produksi emas, Salah satunya juga negara Indonesia.

Beberapa negara yang menguasai produksi emas dunia antara lain :

  • China : Hampir tiga tahun belakangan ini, produksi emas negara china menjadi yang terbesar di dunia. Bahkan ini mengalahkan dari rekor yang sebelumnya. Kenaikan produksi emas mencapai 285-300 ton pada tahun-tahun lalu, Sedangkan sejak tahun 2001 sendiri emas negara china meningkat hingga 62% sementara produksi emas dunia turun 9,6% dalam periode tersebut. Selain itu negara China juga dikenal sebagai negara pemburu emas, karena secara diam-diam China menumpuk pasokan emas sejak tahun 2003. Bahkan dalam kurun waktu 2003 sampai saat ini setidaknya ada lebih dari 454 ton emas yang diserap china.
  • Australia : Negara Australia merupakan negara produsen emas terbesar setelah China. Puncak dari produksi emas Australia yaitu pada tahun 2008 meskipun setelah itu produksi mereka turun sekitar 2,3%. Meski demikian produksi emas negara ini terus mengalami peningkatan kembali yang pada mulanya berada di urutan keempat naik ke posisi dua. Selain itu kenaikan posisi ini juga dikarenakan produksi dari Afrika Selatan dan Amerika sedikit melambat.
  • Afrika Selatan : Akhir-akhir ini memang produksi emas dari Afrika Selatan mengalami penurunan, bahkan sejak tahun 2001 saja penurunan produksinya hampir mencapai 35%. Dengan menurunnya produksi yang begitu cepat, posisi negara produksi emas ini tergeser. Selain disebabkan cadangan yang semakin sedikit, pada tahun 2009 negara ini juga mengalami masalah mengenai pasokan listrik.
  • Amerika Serikat : Melihat catatan produksi dari negara ini memang hampir sama dengan Afrika Selatan yang mana pada tahun 2009 saja negeri paman sam ini memproduksi 210 ton emas. Amerika Serikat sendiri puncak produksi emas disana pada tahun 1998 dan hampir 3/4 produksinya dihasilkan dari negara bagian nevada.
  • Rusia : Tambang emas disana produksinya meningkat sebesar 5,1% sejak tahun 2008 atau sekitar 21% sejak tahun 2001. Apabila kita tinjau dari produksi emas disana puncaknya yaitu pada tahun 1989 dimana mampu memproduksi hingga 304 ton. Negara ini sama halnya dengan China yang mana terus menjaga akan potensi pertumbuhan dari produksi mereka.
  • Peru : Lebih dari 180 ton emas diproduksi di negara ini, dan hampir dari setengah jumlah produksinya berasal dari provinsi cajamarca dan libertad. Pertumbuhan produksi disana mengalami kenaikan hingga 30,4% sejak tahun 2001. Akan tetapi pertumbuhan emas di Peru masih dibawah 15% dibawah rekornya pada tahun 2005.
  • Kanada : Negara ini memang negara pertambangan dimana SDA disana sangat melimpah menjadikan hampir setengah tambang di dunia bisa ditemui disana.Bahkan banyak Insinyur pertambangan dengan kelas dunia berasal dari negara ini. Produksi emas disana turun sekitar 30% sejak tahun 2001 atau sekitar 41% sejak masa puncaknya tahun 1991. Meski demikian produksi saat ini sedikit meningkat dari tahun 2008 sebesar 5,2%. Pada tahun sebelumnya negara kanada bisa menghasilkan 95 ton emas dimana ontario dan quebec menjadi penyokong emas disana.
  • indonesia : Di Indonesia sendiri mampu memproduksi 100 ton emas atau meningkat 66% dari tahun 2008 namun turun apabila dibanding dengan produksi pada tahun 2001. Emas di Indonesia sendiri kebanyakan di pasok dari tambang emas di tembagapura yang terletak di papua. Di tahun 2009 misalnya PT Freeport Indonesia sebuah perusahaan emas mampu menghasilkan 86 ton. Namun diperkirakan tahun ini menurun menjadi 59 ton emas.