Produk & Jasa Sendiri Dapat Membuat Anda Panen Uang

By on May 26, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2,078 kali

Start-Up Bisnis – Meskipun ada keuntungan untuk menjual produk dan jasa yang dihasilkan orang lain, ada juga kekurangan dalam hal ini. Misalnya, kurangnya hak eksklusif untuk produk eksklusif Anda sendiri dapat berarti bahwa Anda hanya satu dari ribuan orang yang menjual hal yang sama. Persaingan yang berlebihan dapat menyebabkan Anda membanting harga dan kehilangan penjualan, sehingga mempengaruhi keuntungan Anda dan arus kas yang sangat penting untuk kelangsungan hidup bisnis Anda.

Untuk alasan ini, Anda dapat memutuskan untuk mengembangkan produk proprietary dan jasa Anda sendiri, baik secara eksklusif, atau untuk melengkapi lini produk Anda yang dihasilkan oleh orang-orang lainnya.

Setelah menciptakan produk milik Anda sendiri, Anda dapat menghabiskan ratusan milyar di bidang manufaktur dan biaya pemasaran. Anda bisa saja bangkrut bahkan sebelum Anda mendapatkan penjualan pertama Anda. Dan tentu saja metode seperti ini tidak ramah bagi para pemilik usaha dengan modal menengah hingga kecil. Padahal artikel ini harus dibaca terutama oleh mereka karena bentuk usaha terbanyak di negara ini adalah mereka yang dalam lingkup usaha menengah maupun kecil.

Di sini, kemudian dijelasakan sejumlah cara yang jauh lebih murah untuk mendapatkan keuntungan dari menjual produk dan jasa milik Anda sendiri.

1. Perizinan
Alih-alih mencoba untuk membiayai produksi dan pemasaran penemuan Anda, mengapa tidak mencari lisensi untuk sebuah perusahaan dengan keahlian dan kemampuan yang dibutuhkan? Anda kemudian akan menerima royalti sebagai imbalan untuk ide Anda.

2. Mengekspor
Mengekspor produk ke negara-negara lain secara dramatis dapat meningkatkan penjualan Anda. Mempekerjakan seorang Agen Manajemen Ekspor dapat menjaga biaya tetap rendah. Jika untuk sementara waktu layanan khusus ini tidak Anda temukan, Anda dapat mempercayakan kepada rekan-rekan yang berpengalaman di bidang ekspor untuk berperan sebagai agen manajemen ekspor.

3. Tawarkan Komisi
Rekrutlah perwakilan penjualan independen dan agen. Tawarkanlah komisi untuk menjual produk dan jasa Anda.

4. Lelang Online
Anda juga dapat menjual produk milik Anda sendiri melalui situs lelang internet seperti eBay atau Yahoo! Auctions.

5. Buat Asosiasi Sendiri atau Program Afiliasi
Beberapa situs web dan distributor yang menjual produk Anda dapat mengakibatkan peningkatan penjualan dan keuntungan. Tanpa afiliasipun toko online seperti Amazon (internasional) dan Tokopedia (nasional) dapat membuat Anda kaya. Bayangkan jika Anda menggandakannya dengan afiliasi! Tidak seperti iklan konvensional, program afiliasi hanya membayar untuk kinerja. Komisi tidak dibayar kecuali terjadi penjualan. Ini cukup adil untuk Anda yang tidak mempunyai banyak modal untuk membayar gaji.

6. Berpartisipasi dalam Joint Venture
Pengaturan usaha patungan dapat menguntungkan. Sebagai contoh, Anda dapat menawarkan komisi pada keberhasilan penjualan produk Anda yang ditampilkan dalam  newsletter orang lain.

Daftar di atas sebagai cara murah untuk membuat keuntungan dari produk dan jasa milik Anda sendiri tidak berarti lengkap. Namun, tentu menggambarkan bahwa, dengan beberapa usaha, produk Anda sendiri bisa membuat Anda kaya. Silahkan dicoba!