Prediksi Investasi yang Pas buat Tahun 2014

By on December 30, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,130 kali
Ekonomi

Prediksi Investasi yang Pas buat Tahun 2014

Investasi – Dalam hitungan hari saja kita sudah memasuki tahun 2014. Tahun yang baru, sumber rezeki yang baru, bukan begitu? Bagi Anda yang berencana untuk melakukan investasi di tahun depan, sebaiknya cermat-cermat dalam memilih insturmen investasi. Pemerintah di Indonesia telah menetapkan target peningkatan investasi mencapai 15% untuk tahun depan. Hasil prediksi ini sudah dipertimbangkan dan diperhitungkan menurut faktor ekonomi yang terjadi di dalam negeri.

Prediksi ini kemudian ditegaskan kembali oleh Mahendra Siregar, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal. Dipastikan target pertumbuhan investasi yang diprediksi sebesar 15% di tahun 2014 ini bisa dicapai meskipun tingkat inflasi yang tinggi, nilai dollar Amerika Serikat (USD) yang melemahkan nilai tukar rupiah, dan tingginya suku bunga acuan (BI rate) yang mencapai angka 7,5%.

Menurut Mahendra, kenaikan investasi terbesar terletak pada bidang industri barang tambang yang hasilnya berupa kimia dasar dan metal dasar. Jadi saham untuk industri-industri bahan tambang dipastikan bisa menjadi investasi yang pas buat tahun 2014. Ini dikarenakan pengharapan dalam meningkatnya pemrosesan barang tambang dan pengolahan barang tambang mentah dalam negeri. Apalagi dengan adanya implentasi UU No.4 tahun 2009 mengenai Mineral dan Batubara.

Namun, hal itu bisa saja berubah sesuai dengan informasi terbaru yang terkait dengan pergerakan ekonomi dunia. Prediksi ini tentu tidak mustahil untuk terwujud, meskipun pertumbuhan investasi di Indonesia penuh dnegan tantangan yang lumayan tinggi di tahun depan. Untuk itu, Anda juga perlu mengatur strategi mengenai investasi yang pas buat tahun 2014. Jelas sekali jika strategi investasi setahun yang lalu, sekarang, dan untuk tahun berikutnya memiliki perbedaan.

Jangka waktu, adalah hal yang perlu diperhatikan dalam investasi di instrumen apapun itu. Ada tiga pembagian strategi jangka waktu untuk tahun depan. Pertama adalah investasi yang pas buat tahun 2014 dalam jangka waktu yang pendek atau dibawah satu tahun. Investasikan uang Anda di produk pasar uang dan perbankan karena bunga bank yang tengah mekar. Pilih surat utang atau obligasi untuk investasi yang memiliki tujuan jangka menengah atau sekitar 1 sampai 3 tahun. Sedangkan investasi saham cocok untuk investasi jangka panjang atau lebih dari tiga tahun. Namun sebaiknya diusahakan untuk memilih saham-saham yang berfundamental baik.

Beralih ke investasi properti, sebaiknya Anda menahan keinginan Anda terlebih dahulu. Mengingat investasi di bidang properti yang sudah mendekati kondisi bubble. Hal ini juga berlaku untuk Anda yang ingin berinvestasi emas. Pada dasarnya, hampir semua produk investasi adalah investasi yang pas buat tahun 2014. Namun tetap harus melihat faktor-faktor lainnya, seperti pergerakan mata uang dan ekonomi di Tanah Air.