Prediksi Harga Emas Mei 2013

By on May 7, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,277 kali
investasi emas

Prediksi Harga Emas Mei 2013

Harga emas jatuh selama bulan April. Notulen dari pertemuan FOMC telah menjadi pemicu dari kejatuhan tertajam dalam harga bullion dalam satu hari di dekade baru-baru ini. Peningkatan dalam votalitas harga emas dalam minggu-minggu terakhir ini telah menjadi alasan bagi CME untuk menaikkan margin untuk emas sampai 19% pada tanggal 15 April.

Taktik menaikkan margin ini telah dilakukan pada waktu yang lampau termasuk pada tahun 2011 ketika emas meningkat dengan tajam. Keputusan pada waktu itu menarik turun harga dari emas sebagaimana juga halnya dengan kejadian tanggal 15 April. Faktor yang memberikan kontribusi lainnya adalah laporan dari Goldman Sachs tentang emas dan perlambatan dalam pertumbuhan di Cina-diantara negara-negara yang memimpin dalam mengimpor emas.Bahkan kenaikan dalam jumlah peredaran uang AS, sebagian disebabkan karena program QE3 dari FOMC, nampaknya tidak menolong membuat rally harga emas.

Apakah emas akan terus turun selama bulan Mei?

Jika ekonomi AS menunjukkan tanda-tanda perlambatan ekonomi, ini akan mengerem penurunan harga emas. Di Eropa, pemulihan matauang Euro baru-baru ini juga telah mengerem kejatuhan harga metal berharga. Jika Euro dan matauang utama lainnya mengalami penurunan terhadap USD, hal ini juga bisa menekan harga emas. Naiknya permintaan atas investasi safe haven seperti “treasuries bills” AS tidak menolong untuk mengangkat harga metal berharga ini.

Kelihatannya seakan-akan emas telah kehilangan posisi mereka sebagai tempat safe haven. Penurunan yang berlangsung terus menerus dalam jumlah emas yang dipegang oleh GLD ETF bisa menunjukkan permintaan untutk emas sebagai sarana investasi terus mengalami penurunan. Sebaliknya, apresiasi nilai Rupee India kemungkinan akan menaikkan permintaan untuk emas di negara ini. Hal ini mengandung arti bahwa sementara permintaan untuk emas sebagai alat investasi turun, permintaan fisik emas tetap kuat. Kesimpulannya, emas akan terus mengalami penurunan sepanjang bulan Mei 2013.

Beberapa faktor lain yang kemungkinan akan menekan harga emas selama bulan Mei adalah:

Beberapa laporan AS menunjukkan pertumbuhan di pasar perumahan: Penjualan rumah baru naik di bulan Maret; rumah baru naik sampai 7% di bulan Maret. Laporan ini kemungkinan akan menarik turun harga-harga metal.Penurunan di dalam tingkat pertumbuhan dari sektor manufaktur di Cina dan AS juga bisa menurunkan harga-harga komoditi.Penurunan di dalam klaim pengangguran dari AS selama minggu terakhir dari April dan minggu pertama Mei baru-baru ini juga bisa menjadi salah satu faktor penurunan harga emas.Depresiasi beberapa matauang lainnya terhadap dolar AS seperti Aussie Dolar dan Yen Jepang selama bulan April bisa menekan harga emasKeputusan CME untuk menaikkan margin deposit di kontrak emas sampai hampir 20%. (Mindo Sianipar, Vibiznews)