Pounsterling Menguat Berkat Keputusan BoE

By on August 2, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 1,814 kali
Pounsterling

Pounsterling Menguat Berkat Keputusan Bo

Investasi Forex – Pounsterling menguat terhadap sejumlah mata uang utama dunia. Keputusan Bank of England (BoE) untuk tidak mengubah kebijakan moneter di bulan ini membuat valuta asing ini terangkat.

Pasangan GBP/USD, Kamis (1/8) pukul 18.55 WIB, naik 0,02% menjadi 1,5232 dibandingkan sehari sebelumnya, dan pairing GBP/JPY menguat 1,00% menjadi 150,355. Namun, pasangan EUR/GBP menguat 0,63% menjadi 0,87466.

Komite kebijakan moneter BoE, kemarin, memutuskan untuk tidak menambah jumlah program pembelian obligasi yang sebesar 375 miliar pounds. Selain itu, BoE juga tetap mempertahankan suku bunga bank di level rendah yakni 0,5%.

Poundsterling sejatinya sedang berada dalam tren koreksi. Terhadap dollar AS, GBP telah terkoreksi selama lima hari berturut-turut. Namun, setelah BoE mengumumkan kebijakan moneternya, poundsterling terlihat sedikitmenguat.

Appeles RT Kawengian, Kepala Divisi Pengembangan Bisnis dan Produk Monex Investindo Futures mengatakan, GBP masih cenderung melemah terhadap dollar AS dalam beberapa hari ke depan. Pasar sedang menunggu data-data ekonomi AS yang akan rilis dalam waktu dekat seperti unemployment claims dan data purchasing managers index (PMI). Diprediksi data-data tersebut akan positif.

Sementara European Central Bank (ECB), kemarin, juga menggelar konferensi pers terkait suku bunga yang dipertahankan di level rendah.

(Cindy Silviana Sukma, Sunarti Agustina, Kontan)