Poundsterling Menguat Seiring Perekonomian Membaik

By on September 19, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,570 kali
Poundsterling

Poundsterling Menguat Seiring Perekonomian Membaik

Investasi Forex – Poundsterling menguat terhadap sejumlah mata uang utama dunia. Nota rapat Bank of England (BoE) yang menyatakan tidak akan ada tambahan stimulus seiring perekonomian Inggris yang makin pulih, menjadi salah satu penyebab penguatan valuta asing ini.

Pasangan GBP/USD, Rabu (18/9) pukul 18.00 WIB,  menguat 0,38 menjadi 1,5965 dibanding sehari sebelumnya. Pairing EUR/GBP turun 0,44% menjadi 0,8362, dan pasangan GBP/AUD naik 0,41% menjadi 1,7070.

Nota rapat BoE yang dirilis, kemarin, memutuskan tidak menambah jumlah stimulus namun tetap mempertahankan kebijakan pembelian obligasi sebesar US$ 375 miliar.

Langkah ini dilakukan  agar pertumbuhan ekonomi Inggris bisa semakin dipacu. BoE juga tetap mempertahankan kebijakan suku bunga rendah di level 0,5%. Kebijakan tersebut telah mampu memacu kinerja ekonomi Inggris dalam beberapa bulan terakhir.

Zulfirman Basir, analis Monex Investindo Futures mengatakan, terhadap dollar Australia, sebenarnya GBP mendapatkan tekanan dari rebound AUD akibat harga komoditas dunia yang membaik. Tapi, karena pada saat bersamaan pasar juga sedang disibukkan dengan aksi tunggu terhadap pengumuman kelanjutan program stimulus moneter Amerika Serikat (AS), akhirnya penguatan aussie gagal mengimbangi poundsterling.

(Agus Triyono, Sunarti Agustina, Kontan)