Pilihan Strategi Yang Tepat Untuk Mendapatkan Keuntungan Dari Investasi Reksadana

By on February 29, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 214 kali

Investasi Reksadana – Selain harus mengetahui keuntungan investasi reksadana, Anda sebagai investor juga harus memahami dan mengerti risiko berinvestasi dalam rekasadana. Sebagai produk dari pasar modal, reksadana bisa memberikan keuntungan jika portfolio efek yang dikelola oleh Manajer Investasi menunjukkan hasil sesuai harapan, namun jika portfolio efek tersebut mengalami kerugian, maka reksadana juga dapat mengalami kerugian. Berikut beberapa strategi yang bisa diambil untuk mendapatkan keuntungan dari reksadana:

  1. Reksadana bukan merupakan produk pasar modal dan bukan merupakan produk bank, sehingga tidak ada jaminan oleh pihak bank, serta tidak termasuk program penjaminan pemerintah atau penjaminan simpanan.
  2. Potensi keuntungan yang tinggi juga membuka peluang risiko yang semakin besar pada berkurangnya nilai investasi.
  3. Pastikan Anda untuk memperoleh Bukti Kepemilikan Unit Penyertaan serta memiliki hak untuk menjual kembali seluruh atau sebagian Unit Penyertaannya, kepada Manajer Investasi.
  4. Dapatkan laporan posisi Nilai Aktiva Bersih dari Unit Penyertaan serta laporan pembaharuan prospektus dan laporan tahunan posisi penyertaan.
  5. Ketahui dan pahami rencana investasi portfolio yang akan ditanam dari produk reksadana baik potensi hasil dan risiko dengan membaca prospektus secara teliti dan cermat.
  6. Pahami tujuan rencana keuangan pribadi dan memilih produk sesuai dengan profil risiko.
  7. Tetap siakan dana lain dan tetap menabung secara teratur, hal tersebut berguna mengantisipasi kebutuhan finansial lainnya terutama jika dalam kondisi mendesak, yang belum dapat dipenuhi dari hasil investasi.
  8. Pilih jangka waktu investasi sesuai dengan rencana finansial serta jangan mudah terpengaruh pendapat orang lain, dan bertindak serta berpikir realistis dalam berinvestasi.

Selain strategi di atas, juga ada beberapa strategi lain yang dapat Anda lakukan. Berikut beberapa strategi yang bisa diambil untuk mendapatkan keuntungan dari reksadana sebagai salah satu program pasar modal, yang biasa dilakukan investor antara lain sebagai berikut

  1. Beli di Pasar Perdana, Jual Begitu Masuk di Pasar Sekunder. Strategi ini digunakan karena adanya keyakinan investor bahwa harga atau nilai akan mengalami kenaikan begitu suatu saham dicatatkan pada bursa efek.
  2. Strategi Beli dan Simpan (Buy and Hold). Strategi ini digunakan karena investor memiliki keyakinan bahwa suatu perusahaan akan berkembang dalam waktu jangka panjang. Strategi ini cocok digunakan ketika harga mencapai titik terendah.
  3. Strategi Berpindah biasanya digunakan oleh para investor yang mengikuti perkembangan pasar secara aktif guna memanfaatkan peluang kenaikan saham.
  4. Strategi Mengurangi Kerugian (Cut Loss) dengan cara menjual saham dan mengganti dengan saham lain. Atau dengan cara membeli saham sejenis pada saat harga turun dan melepasnya saat harga tinggi.
  5. Membeli Saham-saham tidur atau saham-saham yang tidak aktif. Strategi ini cocok digunakan untuk Anda para pemodal yang sabar karena potensi keuntungan akan terlihat dalam jangka panjang.
  6. Strategi Konsentrasi pada Industri adalah membeli saham kemudian memusatkan perhatian pada perkembangan industri tertentu.
  7. Strategi Membeli Pasar lebih banyak digunakan pada investor besar, dengan cara relative proporsional dalam saham pada bursa efek.
  8. Strategi Membeli Melalui lembaga reksadana.

Namun beberapa strategi yang bisa diambil untuk mendapatkan keuntungan dari reksadana di atas bukan lantas dapat dijadikan satu patokan atau keharusan strategi yang dilakukan oleh para investor, karena semua kembali kepada karakter tingkat risiko yang dimiliki oleh para investor.

Nah demikian beberapa strategi yang bisa diambil untuk mendapatkan keuntungan dari reksadana yang dapat kami sampaikan pada Anda para investor khususnya investor-investor pemula dalam bidang pasar modal. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi para pembaca.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty