Perusahaan-Perusahaan yang Diperdagangkan dalam Investasi CFD

By on May 9, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 982 kali
CFD-Trading

Investasi Saham – Di awal tahun 1990-an diluncurkan CFD (Contract for Difference). CFD ini diadakan karena hedge fund yang besar dan juga permintaan dari beberapa institusi trader. Mereka menginkan saham yang tidak membutuhkan biayan besar dan tanpa melibatkan dana pinjaman. Jadi, dapat dikatakan jika CFD ini adalah produk derivatid atau turunan dari instrument yang sudah Anda. Terdapat konsep margin trading pada CFD yang membuat investor hanya membutuhkan dana yang jauh lebih kecil untuk memulai. Dengan konsep ini pun, tingkat resiko dan keuntungan yang didapatkan sama saja dengan perdagangan saham real. Bedanya, CFD ini memakai skala modal yang jauh lebih kecil. Sama halnya dengan produk derivatid lainnya, perdagangan CFD memerlukan kontrak karena tidak memiliki aset. Karakteristik lain dari produk derivatif ini adalah kemampuan untuk short sell dan juga liquiditas yang tinggi.

Namun, sebenarnya apa saja sih perusahaan-perusahaan yang diperdagangkan dalam investasi CFD? Tentu banyak sekali macamnya. Membeli sebuah CFD, sama saja Anda sedang membeli sebuah saham. Anda tidak memiliki saham tersebut, namun berhak atas manfaat yang bisa Anda dapatkan layaknya pemegang saham real. Perusahaan-perusahaan ternama seperti Google, Microsoft, Amazon, American Express, Apple, dan yang lainnya mengeluarkan saham dan bisa juga ditransaksikan dalam bentuk CFD. Benar-benar sangat menguntungkan, bukan?
Banyak sekali keuntungan-keuntungan yang bisa Anda dapatkan dalam CFD. Salah satunya adalah kemampuan untuk mengambil posisi short maupun long. Ada pula fasilitas leverage yang lebih besar dibandingkan dengan bertransaksi seperti pada umumnya. Dengan ini, Anda bisa memakai modal seminim mungkin untuk bertransaksi dengan jumlah yang lumayan besar. Akses ke pasar saham pun lebih mudah, karena tidak adanya persyaratan dan pembatasan margin yang ketat. Trader dapat dengan mudah bertindak sesuai dnegan keadaan dalam mengambil posisi short, sehingga tidak terpengaruh dengan kondisi penurunan pasar.

Seperti yang sudah disebutkan, perusahaan-perusahaan yang diperdagangkan dalam investasi CFD dapat mencakup perusahaan dalam bidang financial, teknologi, retail, industry, dan juga energi. Karena banyaknya bidang yang dicakup, maka Anda bisa dengan mudah melakukan disversifikasi dengan CFD. Semua ini bisa dilakukan dengan cara merancang portofolio 5-10 CFD menggunakan leverage. Belum lagi, modal yang dibutuhkan untuk ini setara dengan modal untuk melakukan satu kali transaksi saham.

Namun jelas ada pula persamaan antara CFD dan saham. Selain perusahaan-perusahaan yang diperdagangkan dalam investasi CFD sama dengan yang ditransaksikan di pasar saham, kedua produk ini juga memiliki pergerakan yang sama. Harga CFD digerakan oleh faktor yang sama dengan faktor fundamental yang menggerakan saham.
Jika harus memilih antara CFD dan saham, manakah kira-kira yang akan Anda pilih?

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty