Persiapan Penting Trading Saham Untuk Pemula

By on October 22, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,745 kali
Trading Saham

Persiapan Penting Trading Saham Untuk Pemula

Investasi Saham – Dibandingkan dengan bisnis dalam sektor riil seperti toko ataupun restoran, bisnis trading saham nyatanya lebih menarik dan lebih menguntungkan. Pada dasarnya, trading saham dapat dijalankan oleh semua kalangan, baik muda atau tua, laki-laki atau perempuan. Bahkan kebanyakan investor yang sudah lebih dulu berkecimpung di dunia saham ingin juga merasakan trading saham. Namun apa saja sih persiapan yang harus disiapkan untuk menjadi seorang trader dan bertrading secara langsung?

Menurut para ahli dalam dunia ini, trader tidak boleh memiliki keterikatan secara emosi dengan trading saham. Anda belum boleh melakukan trading saham jika baru 5 menit saja sudah ketakutan dan mengecek terus-menerus. Jadi seorang trader yang baik haruslah mengendalikan emosinya dan bersikap santai meskipun nilai saham naik ataupun turun. Nah, ini dia yang disebut persiapan mental sebelum trading saham secara langsung. Persiapan mental ini sangatlah penting untuk semua orang yang ingin mencoba bertrading. Bulatkan tekad, tentukan tujuan, dan kemudian persiapkan ketahanan mental Anda. Jika Anda memiliki mental “tempe”, Anda benar-benar tidak cocok dengan bisnis trading saham ini.

Setelah itu, seorang trader harusnya memiliki banyak waktu untuk dapat benar-benar fokus ke dalam trading saham ini. Poin yang satu ini lebih ditujukan lagi untuk para pemula. Tujuannya adalah untuk belajar bertrading secara intensif. Jika ingin belajar trading saham secara langsung, coba saja mainkan simulasi trading online yang biasanya ditawarkan oleh beberapa website secara gratis. Dengan begitu, setidaknya Anda sudah memiliki pandangan bagaimana proses yang dilakukan dalam trading saham.

Kemudian, tentukanlah time frame trading yang akan Anda pakai. Sesuaikan dengan waktu luang yang Anda punya setiap harinya. Sebagai seorang pemula, ada baiknya untuk mengambul rentang waktu yang panjang untuk meminimalisir resiko yang bisa saja terjadi. Lakukan secara disiplin dan terus-menerus. Karena inilah trading saham tidak dapat disebut sebagai bisnis mood-moodan. Langkah berikutnya yang harus Anda ambil adalah memilih strategi trading yang tepat. Banyak sekali pilihan yang tersedia, seperti position trading, scalper, swing trading, atau day trading. Kenali dahulu cara kerja dari strategi-strategi tersebut, dan Anda dapat memlih satu yang paling tepat untuk Anda.

Memilih serta memilah perusahaan broker terbaik adalah langkah memulai trading saham berikutnya. Kemudian, mencaru tahu tool apa saja yang Akan gunakan dan memilih manakah yang paling baik. Setelah persiapan-persiapan awal trading saham tersebut sudah Anda penuhi, kini saatnya untuk melakukan pengisian trading Anda atau disebut dengan deposit. Pastikan Anda sudah terlebih dahulu menyiapkan dana khusus untuk ini. Dengan begini Anda sudah mulai memasuki pintu gerbang trading saham, dengan cara membiasakan diri Anda dan menjalani apa yang sudah Anda mulai dengan sepenuh hati.