Perlindungan yang ditawarkan Berbagai Jenis Asuransi

By on July 31, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 412 kali

Manfaat asuransi

Manfaat asuransi adalah untuk memberikan perlindungan terhadap resiko atau kemungkinan buruk dimasa depan. Peserta asuransi nantinya akan mempunyai kewajiban melakukan pembayar dengan jumlah uang tertentu atau yang disebut dengan premi, kepada pihak asuransi dimana dia terdaptar sebagai nasabah di perusahaan asuransi tersebut. Nasabah asuransi dapat mengajukan klaim asuransi untuk mendapatkan perlindungan terhadap berbagai kerugian, dimana kategori kerugian yang dialami ini telah dijelaskan dalam kontrak dengan turut menyertakan berbagai ketentuan atau yang disebut dengan kebijakan.

Jenis-jenis Asuransi

Perusahaan asuransi akan membuat kebijakan dengan mengelompokkan asuransi yang disesuaikan dengan fokus serta mengantisipasi resiko kerugian dengan menetapkan premi yang disesuaikan. Beda jenis asuransinya maka beda pula klaim asuransi yang dapat diajukan atau manfaat asuransi yang akan didapatkan. Berikut ini merupakan jenis-jenis asuransi beserta manfaat yang ditawarkan jenis asuransi tersebut agar Anda dapat merencanakan paket asuransi yang akan Anda pilih sesuai dengan yang Anda butuhkan.

– Asuransi jiwa
Asuransi jiwa merupakan jenis asuransi yang memberi manfaat asuransi berupa santunan keuntungan finansial terhadap orang yang dipilih nasabah asuransi jiwa atau pihak tertanggung. Saat ini ada beberapa produk asuransi jiwa yang diseseuaikan dengan premi yang dibayarkan serta lamamya apakah berjangka atau seumur hidup atau asuransi jenis dwiguna atau jenis asuransi jiwa berjangka yang juga berperan sebagai tabungan. Beberapa asuransi  memberikan pembayaran hanya setelah kematian nasabah asuransi jiwa tersebut, dan beberapa jenis asuransi lainnya memungkinkan nasabah asuransi jiwa  dapat mengklaim dana tersebut sebelum kematiannya. Resiko penyakit menular sampai ancaman berbagai penyakit yang semakin mudah mengerang organ vital dalam tubuh kita membuat asuransi jiwa dinilai sangat penting untuk melindungi orang-orang yang ditinggalkan dalam kaitannya dengan kebutuhan finansial.

–  Asuransi kesehatan
Asuransi kesehatan merupakan produk asuransi yang menawarkan perlindungan terhadap berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh penyakit dengan jalan menanggung biaya yang harus dikeluarkan selama perawatan nasabah asuransinya sampai kematian yang disebabkan oleh peristiwa kecelakaan. Biasanya beberapa perusahaan membekali karyawannya dengan perlindungan asuransi salah satunya adalah asuransi kesehatan namun jika  dirasa masih kurang orang tersebut dapat membeli asuransi tambahan dengan pembayaran premi yang lebih besar.

– Asuransi kendaraan
Asuransi kendaraan merupakan upaya perlindungan terhadap kendaraan bermotor berupa kerusakan yang terjadi pada kendaraan milik nasabah asuransi kendaraan atau kerusakan pada kendaraan milik orang lain disebabkan kendaraan nasabah asuransi kendaraan maupun peristiwa kehilangan kendaraan bermotor.
Jumlah tanggungan yang dibayarkan oleh pihak asuransi tergantung tingkat keparahan dari kecelakaan yang dialami biasanya perusahaan asuransi akan membayar semua kerugian serta kerusakan yang diakibatkan oleh peristiwa kecelakaan tersebut namun terkadang pihak perusahaan asuransi membuat sebuah kebijakan lain berupa hanya melakukan pembayaran sebagian dari kerugian yang disebabkan oleh kecelakaan tersebut misalnya pada peristiwa kecelakaan hebat atau biaya yang harus dikeluarkan jumlahnya melebihi jumlah yang sudah ditetapkan oleh UU.

– Asuransi kepemilikan properti
Asuransi jenis ini akan melindungi jenis properti tertentu yang menjadi milik pribadi nasabah asuransi ini dari peristiwa kehilangan maupun kerusakan,

– Asuransi pendidikan.
Asuransi pendidikan merupakan jenis asuransi yang digunakan untuk mempersiapkan jenjang pendidikan yang akan ditempuh anak dimasa depan. Jumlah biaya premi yang dibayar para orang tua yang terdaptar sebagai nasabah asuransi pendidikan disesuaikan dengan jenis pendidikan yang  direncanakan.

Jenis asuransi lainnya adalah asuransi bisnis serta asuransi wisata. Seseorang dapat membeli produk asuransi untuk dirinya sendiri dan/atau orang lain.