Perlindungan Selama Tahun Emas: Asuransi Kesehatan dan Pensiun

By on May 8, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2,852 kali

Asuransi – Asuransi kesehatan untuk pensiunan atau untuk warga negara senior dapat membingungkan, terutama dengan begitu banyak pilihan dan persyaratan. Namun, asuransi kesehatan sangat penting untuk pensiunan. Ketika Anda bertambah tua, kesehatan Anda jelas menjadi lebih dari sebuah isu biasa. Anda dapat mengunjungi dokter lebih sering, perlu memesan resep lebih sering, atau bahkan menerima instruksi rawat jalan. Sebelum Anda pensiun, persiapkan satu asuransi kesehatan untuk memastikan bahwa Anda menerima manfaat yang paling.

Langkah pertama dalam perencanaan asuransi kesehatan Anda di masa pensiun Anda adalah untuk melihat apakah majikan Anda menawarkan asuransi setelah Anda pensiun. Jika perusahaan tidak menawarkan, Anda tentu harus mempertimbangkannya sendiri. Lihatlah tiap rencana, pengurangan, dan cakupan. Banyak calon pensiunan percaya bahwa suatu rencana asuransi akan menutupi pembayaran medis mereka, namun pecayalah ini tidak selalu terjadi. Dengan cakupan semacam ini, Anda kemungkinan besar akan menerima perawatan kesehatan yang lebih baik namun  dengan biaya yang lebih mahal. Sebagai pensiunan, Anda pasti akan memiliki anggaran asuransi kesehatan yang dapat Anda pertahankan, dan Anda harus memutuskan apakah biaya asuransi majikan Anda terlalu mahal.
Jika majikan Anda tidak menawarkan cakupan, BPJS akan menjadi bagian penting dan integral dari asuransi kesehatan Anda jika Anda 65 tahun atau lebih tua. BPJS bekerja seperti rencana asuransi kesehatan tradisional dalam hal bahwa Anda telah memberikan kontribusi sebagian kecil dari setiap gaji yang Anda peroleh ke dalam rencana ini. Setelah BPJS dimulai, Anda akan membuat pembayaran untuk kunjungan kantor atau pengobatan. BPJS  juga akan menutupi biaya peralatan medis tertentu atau kebutuhan lain.

Namun, BPJS tidak mencakup sejumlah item yang khusus  dari asuransi kesehatan. Pemerintah kini menerapkan tiga kelas asuransi dengan biaya premi yang berbeda. Tiga kelas tersebut antara lain kelas  A, B, dan C. Kelas  A menuntut kita membayar premi terbesar dari kedua kelas yang lain. Namun demikian cakupannya akan lebih luas seperti biaya perawatan rumah sakit, biaya periksa, tes laboratorium, biaya peralatan dll. Kelas B tentu saja memiliki cakupan yang lebih sedikit demikian juga dengan kelas C yang menawarjan cakupan paling sedikit.

Di luar BPJS, ada juga rencana asuransi perawatan jangka panjang yang dapat Anda beli dari perusahaan asuransi yang tidak di bawah naungan Pemerintah. Jika Anda jeli, Anda tentu sering melihat rencana ini diiklankan di televisi dengan harga yang sangat rendah. Rencana ini dapat membantu menutupi biaya perawatan kesehatan bahkan di rumah jompo atau rumah pribadi. Dengan begitu banyak pilihan yang berbeda dengan kelebihan dan keterbatasan masing-masing, jika Anda pensiun dalam waktu dekat, Anda harus melihat pada anggaran Anda dan apa yang Anda mampu serta apa jenis cakupan yang Anda pikir akan Anda perlukan.