Perhatikan Keuangan dan Gaya Hidup Anda

By on March 1, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 409 kali

Perencanaan Keuangan – Hidup sesuai pemasukan dan kemampuan memang menjadi gaya hidup paling ideal. Namun,  menjalani gaya hidup seperti ini tidak mudah. Sebab di zaman sekarang banyak godaan dan juga tuntutan. Bahkan yang lebih parah mungkin adalah orang-orang yang pendapatannya besar, tetapi tetap berhutang untuk menutupi kebutuhan dan gaya hidupnya.  Lalu seperti apa Hidup sesuai pemasukan dan kemampuan itu?

Tanda keuangan dan gaya hidup ideal  

Hidup pada batas pendapatan atau batas kemampuan bisa menjadi tanda jika gaya hidup Anda sudah sehat. Untuk mengetahui hal ini sebenarnya tidak terlalu sulit. Sebagai contoh, setiap orang di usia produktif, baik masih lajang maupun sudah menikah,  akan memperoleh pendapatan tetap, dan juga memiliki pengeluaran tetap. Dimana seluruh pengeluaran yang sifatnya tetap bisa ditutupi dari pendapatan yang sifatnya tetap.

Dengan standar rasio kurang dari satu (<1), jadi jika rasio yang Anda lebih dari 1 (>1), artinya gaya hidup Anda terlalu tinggi, sehingga perlu dilakukan penyesuaian. Caranya Anda bisa mengubah pendapatan tetap dengan kenaikan gaji misalnya atau menurunkan pengeluaran tetap dengan berusaha berhemat.

Namun, kebanyakan orang saat ini hidup dengan cicilan, dan hutang. Untuk itu, Anda kadang membutuhkan pinjam uang atau memberikan pinjaman uang kepada orang lain. Namun, tindakan ini juga memerlukan kebijaksanaan agar Anda dan peminjam terbiasa  Hidup sesuai pemasukan dan kemampuan. Lalu bagaimana agar bijak meminjam ataupun meminjamkan uang?

Calon peminjam

Pelajari karakter calon peminjam, meski peminjam adalah kerabat dan sahabat sendiri. Namun, Anda perlu mengetahui itikad baik calon peminjam untuk mengembalian uang pinjamannya dikemudian hari. Caranya Anda bisa mencari tahu dari kerabat dan sahabat Anda yang lain tentang rekam jejak calon peminjam terhadap hutang. Apakah pembayarannya selalu lancar atau tidak? Selain itu, Anda juga perlu mengetahui tujuan peminjaman. Hal tersebut bisa menjadi dasar sebelum Anda memutuskan untuk memberikan pinjaman atau tidak.

Sesuaikan dengan kemampuan

Meski Anda sedang memiliki rezeki berlebih dibanding si peminjam, bukan berarti Anda bisa langsung memberikan pinjaman. Utamakan kebutuhan Anda dan keluarga terlebih dahulu. Caranya pastikan jika uang yang akan dipinjamkan tidak akan mengganggu anggaran kebutuhan rutin, seperti biaya makan dan minum, biaya sewa, iuran air dan listrik, biaya transportasi, cicilan-cicilan, bahkan tabungan.

Jangka waktu pinjaman

Kebanyakan orang sering merasa tidak perlu atau tidak tega untuk menetapkan waktu pengembalian, terutama untuk kerabat dan sahabat sendiri. Padahal hal ini sangat diperlukan  oleh kedua belah pihak. Caranya bisa dengan memberikan tenggat waktu peminjaman, atau menawarkan skema pengembalian. Contohnya cicilan perbulan selama 1 tahun, atau dibayar ketika terima bonus tiga bulanan.

Surat perjanjian hutang

Jika terjadi pinjaman uang dalam jumlah yang cukup besar, sebaiknya buat surat perjanjian hutang  bermaterai. Hal ini gunanya untuk menjamin keamanan uang Anda. Caranya tuliskan kesepakatan peminjaman uang secara detail di dalam surat perjanjian. Meski merasa tidak enak, tetapi akan lebih nyaman karena itu adalah uang Anda sendiri yang harus kembali.

Barang jaminan

Jika terjadi pinjaman uang dalam jumlah yang cukup besar, ada baiknya menggunakan barang jaminan. Hal ini dilakukan agar si peminjam lebih bertanggungjawab terhadap hutangnya, serta menunjukan komitmen jika peminjam akan membayar pinjamannya dikemudian hari. Lakukan diskusi tentang barang jaminan yang nilainya setara dengan nilai pinjaman.

Hal-hal di atas akan membantu Anda untuk lebih kebijaksanaan ketika meminjam ataupun meminjamkan uang agar bisa  Hidup sesuai pemasukan dan kemampuan.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty