Perhatikan Ini Tanda-Tanda Keungan Anda Bermasalah

By on May 2, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 248 kali
Waspada Gaya Hidup Bisa Menjadi Ancaman Keuangan Anda!!

Perencanaan Keuangan – Masalah keuangan memang tidak ada habisnya. Kenali 10 pertanda yang menunjukkan kondisi keuangan kamu berada dalam masalah serius.

Urusan kantong memang tidak ada habisnya. Kesalahan dalam mengelola keuangan dapat dengan mudah membawa seseorang dalam kondisi bangkrut.

Gaji atau penghasilan yang besar bukanlah jaminan kondisi keuangan seseorang akan selalu oke. Tanpa pengelolaan yang baik, penghasilan besarpun bisa mendorong seseorang dalam situasi pelik.

Kenali 10 gejala yang menunjukkan kondisi keuangan kamu tengah bermasalah yang dikutip dari halomoney.co.id. Bila kamu mengalami minimal dua gejala, itulah pertanda keuangan kamu tengah gawat dan segera lakukan pembenahan yang sungguh-sungguh sebelum terlambat.

Tagihan utang memakan lebih dari 30 persen penghasilan

Gejala serius utama adalah, utang kamu melimpah ruah. Utang kartu kredit, kredit rumah, kredit kendaraan bermotor, ditambah biaya ini itu. Khusus untuk utang kartu kredit, nilai tagihan minimal kartu kredit kamu sudah melampaui 20 persen gaji bersih. Di titik ini, kamu perlu menyadari, keuangan dalam kondisi gawat.
Gali lubang tutup lubang utang tanpa strategi

Keuangan dalam masalah berat bila kamu sudah mulai memakai kartu kredit untuk tarik tunai dan memakai dana tersebut untuk membayar tagihan kartu kredit lain. Ini menunjukkan, kamu benar-benar tidak memiliki uang yang memadai untuk membiayai hidup. Alhasil, kamu mengandalkan biaya hidup dari utang satu ke utang yang lain.
Abai terhadap nilai kewajiban

Apakah kamu mengetahui persis berapa total utang yang harus kamu bayarkan tiap bulan? Jangan-jangan kamu tidak mengetahui dengan persis berapa nilai total utang yang menjadi kewajiban kamu. Termasuk, utang kartu kredit. Tahukah kamu berapa total utang kartu kredit dan untuk apa saja pemakaian kartu kredit tersebut. Jika kamu sendiri tidak mengetahui secara pasti nilai kewajiban utang yang harus dibayar, boleh jadi itu salah satu tanda kondisi keuangan kamu sedang bermasalah.

Mulai mendapat peringatan dari kreditur

Surat peringatan dan telepon berdatangan dari institusi pemberi kredit, baik itu bank, leasing ataupun institusi lain, untuk menagih pembayaran cicilan. Peringatan tersebut tak lain karena kamu mulai sering telat membayar tagihan hingga lewat jatuh tempo.

Telat membayar utang

Kamu mulai sering mangkir membayar tagihan. Sayangnya bukan karena Anda lupa atau karena sebab lain, melainkan karena kamu benar-benar tidak memiliki dana sendiri untuk membayar tagihan tersebut.
Aplikasi kredit Anda ditolak

Kamu tengah mengajukan pinjaman ke bank, entah dalam bentuk kartu kredit, kredit tanpa agunan atau jenis kredit lain. Namun, pengajuan pinjaman tersebut ditolak oleh bank. Bank tentu memiliki alasan menolak pengajuan kredit seseorang.

Kemungkinan besar penolakan itu karena kamu dinilai tidak memiliki kemampuan pengembalian utang yang meyakinkan dilihat dari profil keuangan. Bisa juga karena rekam jejak kamu selama ini termasuk buruk perihal pembayaran cicilan.

Pendapatan sudah tidak memadai membiayai semua pengeluaran

Seluruh pengeluaran kamu mulai untuk kebutuhan pokok sampai sekunder dan tersier, sudah tidak mampu ditutup sepenuhnya oleh pendapatan. Kamu selalu harus berutang untuk membiayai arus kas pribadi. Ini pertanda gawat darurat keuangan. Segera benahi sebelum semakin karam.

Penggunaan kartu kredit sering overlimit

Kartu kredit kamu ditolak ketika tengah membeli sesuatu karena bank menilai pemakaiannya sudah melampaui batas. Boleh jadi ini karena kamu sudah terlalu jauh mengandalkan penggunaan duit utang dari kartu kredit untuk menutup kebutuhan sehari-hari.

Kamu punya 3 kartu kredit yang kesemuanya aktif dipakai

Pendapatan tidak memadai lagi menutup pengeluaran. Kartu kredit malah kamu jadikan dana darurat hingga 3 kartu kredit yang kamu miliki semua terpakai untuk membantu menutup pengeluaran. Ini jelas tindakan yang sangat tidak sehat. Keuangan kamu menunjukkan gejala serius kegawatandaruratan.
Kamu sudah memiliki 3 kartu kredit dan masih “apply” lagi

Karena kartu kredit menjadi dewa penyelamat demi menyambung hidup, kamu tak segan mengajukan diri menjadi nasabah kartu kredit lagi.

Jumlah kartu kredit hingga 3 buah sebenarnya sudah memadai. Bila sampai ada yang ke-4, cobalah periksa lagi mengapa kamu sampai merasa membutuhkan kartu kredit lagi.

Nah, silakan melihat, bila kamu merasakan dua atau lebih gejala di atas sedang terjadi saat ini, berarti sudah waktunya kamu memperbaiki kondisi keuangan sebelum terlambat.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty