Perhatikan Hal Ini Sebelum Berinvestasi Emas

By on July 28, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 311 kali

Investasi Emas – Apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam berinvestasi emas? Untuk mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan tersebut, ada baiknya apabila Anda mengetahui terlebih dahulu mengenai investasi emas. Investasi Emas adalah jenis investasi dengan menggunakan objek berupa emas. Jenis investasi yang satu ini sangat cocok apabila dilakukan dalam jangka panjang. Karena nilai keuntungan yang di dapatnya pun bisa menghasilkan nominal yang jauh lebih besar. Lalu apa saja hal yang perlu diperhatikan sebagai rambu-rambu dalam melakukan investasi emas tersebut? Simaklah uraian penjelasan di bawah ini?

Ketahui Dasar Investasi Emas

Melakukan investasi, baik itu untuk jenis investasi emas atau bahkan jenis investasi lainnya, harus disesuaikan dengan pengetahuan dari sang investornya terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk membuat investor lebih memahami jenis investasi yang hendak dilakukan olehnya. Karena itulah, sebagai dasar dari investasi emas, ada baiknya apabila Anda selaku investor melakukan penguasaan atas perhitungan dasar terlebih dahulu, serta lakukanlah pengecekan dari harga dasar emas. Pengecekan tersebut bisa Anda lakukan pada PT Antam atau Aneka Tambang.

Pertimbangan Tempat Membeli Emas

Harga emas tentu memiliki beberapa perbedaan, terutama dari segi di mana tempat emas itu di jual. Harga emas di pasar tradisional  jauh lebih murah dibandingkan dengan harga emas dari PT Antam. Namun biasanya harga emas yang tinggi tersebut berhubungan pula dengan biaya lain yang dikenakan terhadapnya, misalkan untuk biaya dari ongkos cetak, dsb. Bahkan harga emas yang dijajakan di mall-mall besar juga lebih mahal, hal ini dikarenakan biaya ongkos dari emas tersebut. Karena itu carilah tempat yang paling tepat untuk Anda membeli emas dalam berinvestasi emas tersebut.

Pilihan Bentuk Emas

Dalam melakukan investasi emas, hal lain yang juga perlu Anda perhatikan adalah bentuk emas yang hendak Anda investasikan tersebut. Menurut beberapa pendapat dari para investor yang sudah ahli dalam melakukan investasi emas, lebih baik apabila Anda melakukan jenis investasi emas dengan menjatuhkan pilihan pada bentuk emas batangan sebagai objek investasinya.

Pilihan Bobot Emas

Selain memilih bentuk emas yang hendak diinvestasikan, Anda juga harus memilih bobot yang tepat. Apabila Anda sudah yakin dan menjatuhkan investasi dalam bentuk emas batangan. Maka hal selanjutnya yang harus Anda lakukan adalah dengan memilih bobot emas batangan tersebut. usahakanlah untuk memilih bobot emas dengan ukuran sedang, artinya tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan bobot lain yang jauh lebih bervariasi. Hal ini dapat membantu Anda dengan mudah apabila suatu ketika Anda membutuhkan dana finasial yang cukup mendesak. Sehingga Anda dapat lebih menyesuaikan nilai atau pun nominal dari investasi yang harus Anda keluarkan.

Tempat Aman Untuk Menyimpan Emas

Dalam melakukan investasi emas, hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan adalah tempat dari penyimpanan investasi emas tersebut. Beberapa tempat yang paling aman untuk menyimpan investasi emas, diantaranya adalah rumah atau bahkan safebox deposit yang Anda miliki. Namun tempat yang Anda gunakan untuk menyimpan emas tersebut hatuslah memiliki tingkat keamanan tinggi. Hal ini dikarenakan emas yang biasanya digunakan sebagai bentuk investasi sangat mudah untuk dijual dan ditukar menjadi nilai uang, bahkan dapat dilakukan tanpa harus ada konfirmasi dari pemilik sebelumnya, seperti halnya pada jenis investasi lainnya. Karena itulah, apabila emas tersebut jatuh pada tangan yang salah, maka dapat dijual begitu saja.