Perhatikan 7 Hal Ini Sebelum Belanja Online

By on November 27, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 87 kali

Belanja online sudah populer sejak beberapa tahun terakhir. Selain lebih mudah, kita juga dapat menghemat waktu. Tinggal duduk di rumah, semua barang yang diinginkan bisa diperoleh beberapa hari kemudian, bahkan bisa di hari itu juga.

Praktisnya belanja online membuat masyarakat Indonesia terlena. Maka tak heran jika toko online lebih laris ketimbang toko offline. Walaupun simpel, ada 7 hal yang perlu diperhatikan sebelum berbelanja online. Ini dia tujuh poin tersebut seperti dikutip dari Cermati.com:

1. Analisis Situs Web Sebelum Berbelanja

Ada banyak situs belanja online, namun tidak semua situs tersebut familier di telinga kita. Untuk beberapa situs yang tidak familier, sebaiknya analisis terlebih dahulu. Periksalah nomor telepon dan lacak siapa penjualnya.

Jangan ragu untuk menghubungi nomor atau alamat email yang disediakan. Tujuannya untuk memastikan kalau web tersebut bukanlah penipu. Selain itu, Anda juga bisa mengecek ulasan pelanggan yang sebelumnya telah berbelanja di web tersebut.

Lihat komentar dan rating yang diberikan. Jika komentar dan ratingnya bagus, kemungkinan besar website tersebut terpercaya, walaupun belum familier.

2. Memperhatikan Testimoni Penjual

Testimoni berisi komentar dan kepuasan pelanggan terhadap pelayanan yang diberikan si penjual. Toko online yang besar dan terpercaya sudah pasti memiliki testimoni positif.

Untuk beberapa toko online di Instagram atau Facebook, juga harus memiliki testimoni. Jika ternyata testimoni pelanggannya buruk, pikirkan matang-matang sebelum berbelanja di toko online yang bersangkutan.

3. Bandingkan Harga Barang

Sama halnya seperti toko offline, toko online juga menawarkan harga barang yang berbeda-beda. Hal ini perlu diperhatikan secara cermat, apalagi jika jumlah barang yang ingin dibeli lumayan banyak.

Jangan mudah terpengaruh dengan label diskon up to 70 persen. Bisa saja harga barang tersebut dinaikan lebih dulu, baru didiskon. Untuk itu, selalu cermat untuk masalah harga.

Kalau perlu, bandingkan harga di toko online satu dengan yang lainnya. Pilihlah toko online terpercaya dengan harga murah. (Baca Juga: Tips Jualan di Pinggir Jalan Agar Laris Manis)

4. Memerhatikan Kualitas Barang

Masalah utama ketika berbelanja online adalah kualitas barangnya yang murahan. Banyak toko onlineyang memajang gambar bagus untuk menarik perhatian pelanggan. Setelah barang diterima, kualitas dan modelnya tidak sesuai di gambar.

Untuk mencegah hal tersebut, baca deskripsi produk terlebih dahulu. Mulai dari bahan pakaian, ukuran, dan warnanya. Jangan sampai asal beli. Sebagian toko online tidak memperkenankan pelanggan untuk return barang. Oleh sebab itu, perhatikan secara saksama mengenai deskripsi produknya.

5. Memperhatikan Kebijakan yang Ditetapkan si Penjual

Setiap toko online memiliki kebijakan masing-masing atas barang yang dijualnya. Kebijakan ini bisa mencakup pembayaran, pengiriman, pengembalian, ketersediaan produk, dan penggunaan voucher. Untuk kolom pengiriman barang, isilah alamat pengiriman lengkap dan benar untuk menghindari salah kirim.

Selain itu, isi data-data pribadi sesuai yang diminta saja. Lalu, cek jasa pengiriman apa yang digunakan dan berapa lama barang tersebut akan sampai di tangan Anda. Selain pengiriman, baca juga kebijakan tentang pengembalian barang.

Apa saja syarat pengembalian barang dan bagaimana prosedurnya. Hal ini sangat penting. Ketika barang yang dibeli tidak sesuai, Anda masih dapat mengembalikannya dan toko memberikan barang baru.

6. Pilih Metode Pembayaran yang Aman

Toko online menawarkan metode pembayaran yang berbeda-beda antara yang satu dengan yang lainnya. Mulai dari transfer ATM, kartu kredit, bayar di merchant tertentu, atau bahkan bayar di tempat (COD).

Banyaknya pilihan metode pembayaran membuat harus ekstra hati-hati. Apalagi jika memilih pembayaran dengan kartu kredit. Memang, bayar dengan kartu kredit lebih praktis. Anda juga tidak perlu lagi melakukan konfirmasi pembayaran.

Akan tetapi, banyak kasus penipuan kartu kredit yang merugikan pemiliknya. Untuk itu, berhati-hatilah mencantumkan nomor kartu kredit pada toko online. Apalagi jika toko online-nya masih kecil-kecilan.

7. Amankan Perangkat Saat Berbelanja Online

Langkah terakhir adalah mengamankan perangkat saat belanja online. Berikan proteksi berupa anti virus pada komputer atau handphone. Pemakaian anti virus terbukti ampuh agar perangkat aman dari serbuan para hacker.

Belanja Online Aman, Cepat, Mudah, dan Terpercaya

Mengingat banyak keuntungan yang diperoleh, Anda tidak perlu takut saat berbelanja online. Karena pada dasarnya, belanja online sangatlah mudah dan cepat.

Agar proses belanja online aman, pastikan situs yang dikunjungi terpercaya. Jangan lupa juga untuk melakukan tujuh hal di atas sebelum berbelanja online.