Perdagangan Fisik Vs Perdagangan Kontrak Komoditi Emas Dan Minyak

By on January 31, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 492 kali
Commodity

Edukasi –  Perdagangan fisik vs perdagangan kontrak dan komoditi emas dan minyak saat ini menjadi sorotan seiring terus banyaknya mereka yang menggeluti dua jenis perdagangan dalam bursa ini. Saat ini perdagangan fisik vs perdagangan kontrak komoditi dan minyak banyak dibicarakan karena keduanya memiliki kelebihan serta keuntungannya sendiri. Jenis perdagangan fisik vs perdagangan kontrak komoditi emas dan minyak pemilihannya lebih di arahkan kepada adanya pengalaman tentang krisis ekonomi yang mana pengaruhnya berupa ketidakpastian pada arah perekonomian begitu juga menjadi tingginya tingkat inflasi.

Dari pengalaman tersebut, perdagangan fisik vs perdagangan kontrak dan komoditi emas dan minyak ternyata yang lebih banyak dipilih adalah perdagangan kontrak dengan komoditi emas. Perdagangan kontrak dengan bursa komoditi emas banyak dipilih karena dirasa lebih aman. Selain itu, harganya pun menjadi alasan karena setiap periodenya terus mengalami kenaikan.

Untuk komoditi minyak, tidak lebih banyak dipilih karena manajemen resikonya yang tentu saja tinggi. Walaupun hasilnya tinggi, namun karena resiko yang dimilikinnya juga tinggi itulah maka hanya beberapa orang atau perusahaan saja yang memilih untuk melakukan perdagangan kontrak dengan komoditi minyak ini. Apalagi dengan harga minyak yang selalu tidak stabil terkadang orang masih takut mengambil resikonya.

Mengapa Emas lebih banyak dipilih? Hal ini dikarenakan perdagangan kontrak dengan komoditi emas dalam harganya akan mengikuti pergerakan harga emas tersebut. Sehingga kenaikannya selalu dipastikan terjadi. Penggunaan emas ini sebagai salah satu pengganti rupiah terhadap nilai dollar. Apalagi pergerakan dari harga emas ini sama halnya dengan pergerakan mata uang, maka dapat melindungi nilai rupiah. Sebagai salah satu kelebihannya juga, perdagangan kontrak untuk komoditi emas ini akan menambah devisa negara dengan tumbuh dan berkembangnya industri emas dalam negeri. Dalam perdagangan kontrak, keuntungannya adalah lebih praktis dimana transaksi yang dilakukan tidak diikuti penyerahan barang terlebih dahulu.

Sementara untuk perdangan fisik baik itu untuk komoditi minyak maupun emas mengapa tidak lebih banyak dipilih alasannya adalah karena perdangan fisik merupakan lelang. Di mana transaksi yang berlaku adalah dimana ada penyerahan barang maka pembayaran tunai baru ada.

Mengenal Perdagangan Kontrak dalam Bursa Komoditi

Bursa komoditi ini adalah tempat di mana kegiatan ekonomi yaitu adanya permintaan dan penawaran. Bursa komoditi inilah yang akan mempertemukan keduanya. Permintaan dan penawaran tersebut berupa komoditas serta derivatifnya. Bukan hanya penjual dan pembelinya saja dalam bursa ini yang akan dipertemukan. Ada satu lagi pelaku ekonominya yaitu pedagang perantara yang disebut sebagai komisioner dan makelar. Selain emas, komoditi yang dijual dalam bursa komoditi sangat banyak seperti bahan pangan contohnya jagung, kedelai, dan gandum. Ada juga komoditi pertaian lainnya seperti kopi, gula, kakao, kapas, dan lada. Untuk minyak, di antaranya ada CPO yaitu Crude Palm Oil atau minyak sawit mentah. Untuk logam, selain emas ada juga perak dan nikel.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty