Perbedaan Tabungan Pendidikan dan Asuransi Pendidikan

By on May 10, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 360 kali

Asuransi – Ada yang mengatakan bahwa asuransi dan juga tabungan pendidikan adalah 2 hal yang mirip, keduanya sama-sama mempersiapkan masa depan anak mengenai pendidikan mereka. Namun ternyata diantara keduanya ada perbedaan yang sangat mendasar. Perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan ini sangat penting untuk menentukan jenis yang akan anda pilih. Bagi anda yang bingung menentukan perbedaan antara keduanya, berikut ini adalah beberapa perbedaan antara asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan yang wajib anda ketahui agar perencanaan pendidikan untuk anak-anak anda sesuai dengan harapan anda.

Perbedaan 1 : Perbedaan produk

Perbedaan yang pertama dari asuransi dan juga tabungan pendidikan adalah lembaga yang mengeluarkannya. Tabungan pendidikan adalah sebuah produk yang dikeluarkan oleh bank. Karena dikeluarkan oleh bank, tabungan pendidikan ini memiliki jaminan. Jaminan yang dimaksud adalah ketika bank menjadi bangkrut, mereka bisa mendapatkan jaminan dari lembaga LPS atau Lembaga Penjamin Simpanan sehingga uang simpanan anda tidak akan hilang.

Jika tabungan pendidikan dijamin oleh LPS maka asuransi pendidikan adalah produk dari perusahaan asuransi. Hal in menyebabkan tidak ada penjamin yang akan memberikan anda jaminan jika uang  anda hilang atau perusahaan menjadi bankrut. Oleh karena itu memilih perusahaan asuransi yang baik dan profesional harus dilakukan. Jika anda salah memilih asuransi maka usaha anda bisa berujung sia-sia.

Perbedaan 2 : Bunga yang diberikan

Salah satu Perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan yang paling mendasar adalah bunga yang diberikan. Tabungan pendidikan memberikan anda jaminan pemberian bunga yang pasti karena sudah ditetapkan oleh pihak dari bank, oleh karena itu pelaku penyimpanan akan lebih mudah untuk memperhitungkan jumlah simpanan di akhir tabungan.

Berbeda dengan suku bunga di bank, bunga dari asuransi pendidikan ini tidak dapat ditetapkan, ada kalanya nilai bunga dari asuransi pendidikan tinggi dan berlipat kali lebih besar dan ada kalanya nilai bunga sangat kecil. Fluktuasi nilai bunga asuransi pendidikan ini sangat ditentukan dengan kinerja instrumen investasi yang dimiliki oleh perusahaan asuransi tersebut. Jika instrumen investasi naik maka nilainya akan sebanding dengan nilai bunga yang diberikan. Lagi-lagi pemilihan agen asuransi yang baik akan sangat menentukan nilai suku bunga yang akan anda dapatkan.

Perbedaan 3 : Nilai perlindungan

Perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan yang ketiga adalah mengenai perlindungan dan juga dukungan yang diberikan oleh kedua bidang tersebut. Tabungan pendidikan adalah suatu simpanan yang berbentuk tabungan dengan nilai asuransi tanpa bayar. Oleh karena itu nilai dari perlindungannya sangat kecil dan terbatas jika dibandingkan dengan nilai perlindungan yang ditawarkan oleh asuransi pendidikan.

Perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan ini terkadang menyebabkan beberapa orang kebingungan untuk melakukan pemilihan istrumen penyimpanan uang mereka. Oleh karena itu ada baiknya anda mencari yang sesuai dengan kebutuhan anda. Setiap produk memang memiliki kelebihan dan juga kelemahan sendiri-sendiri, anda bisa memilih yang lebih sesuai dengan kebutuhan anda. Misalnya jika anda telah memiliki asuransi jiwa anda bisa memilih menggunakan tabungan atau jika tidak, anda bisa memilih asuransi pendidikan.

Untuk memilih diantara keduanya anda perlu menyesuaikan dengan kondisi yang anda miliki. Yang perlu anda ingat dalam memilih asuransi pendidikan atau tabungan pendidikan adalah dengan mempercayakan uang anda pada lembaga yang terpercaya dan memiliki kredibilitas, perhatikan track record dari perusahaan tempat anda mempercayakan uang anda, jangan sampai anda tertipu.

Informasi mengenai Perbedaan asuransi pendidikan dan tabungan pendidikan sudah dijabarkan, semoga informasi tersebut dapat membantu anda dalam menentukan jenis simpanan pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Incoming search terms:

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty