Perbandingan Investasi Emas Dan Reksadana, Manakah Yang Paling Baik?

By on September 25, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 4,485 kali
Investasi Reksadana vs Emas

Perbandingan Investasi Emas Dan Reksadana, Manakah Yang Paling Baik?

Investasi – Saat ini, produk investasi yang paling banyak menarik perhatian adalah emas dan Reksadana. Gema Reksadana entah mengapa baru terdengar jelas beberapa tahun kebelakang, meskipun produk investasi yang satu ini bukanlah produk investasi baru di Indonesia. Mungkin saja ini dikarenakan dahulu masyarakat kurang teredukasi mengenai produk investasi Reksadana. Karena inilah edukasi akan Reksadana sedang gencar-gencarnya diperkenalkan ke masyarakat oleh beberapa orang yang terlibat ke dalam dunia investasi dan keuangan. Faktor lainnya mengapa dahulu Reksadana tidak populer adalah karena produk-produk Reksadana dulu tidak dijual secara jumlah kecil.

Beralih ke investasi emas, investasi ini memang sudah banyak diminati karena keuntungannya yang relatif besar. Sama seperti jenis investasi yang lainnya, investasi emas juga pastinya disertai dengan resiko. Lalu, sebenarnya apa perbandingan investasi emas dan Reksadana?

Sebagian orang beranggapan bahwa emas bukanlah sebuah produk investasi, seperti halnya Reksadana. Ini dikarenakan investasi Reksadana dan produk investasi yang lainnya dapat memberikan hasil tiap bulan kepada sang investor, sedangkan emas tidak bisa. Kemudian pernyataan ini pun disanggah oleh beberapa pihak yang menganggap emas juga termasuk produk investasi yang mengalami peningkatan nilai dari waktu ke waktu, serta memberikan hasil.

Perbandingan investasi emas dan Reksadana akhir-akhir ini dihubung-hubungkan dengan nilai emas yang mulai anjlok. Karena inilah banyak orang yang berpindah melakukan investasi di Reksadana. Selain itu, perbandingan investasi emas dan Reksadana juga terletak pada jumlah jenisnya. Jika Reksadana hadir dalam beberapa jenis investasi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan investornya, maka investasi emas hanya memiliki satu jenis investasi Anda.

Perbedaan jangka waktu juga merupakan perbandingan investasi emas dan Reksadana yang lainnya. Secara historis, emas dalam jangka waktu yang pendek 3-5 tahun sangatlah beresiko. Investasi emas nampaknya cocok untuk mencapai tujuan finansial jangka menengah hingga jangka panjang. Sedangkan Reksadana sendiri terdiri dari beberapa jenis investasi yang masing-masing memiliki jangka waktu yang berbeda-beda.

Ketika harus memilih antara investasi emas ataukah investasi Reksadana, nampaknya semua tergantung kepada tujuan finansial yang akan Anda capai. Tetapi ketika menilik lebih jauh dari beberapa perbandingan investasi emas dan Reksadana yang sudah disebutkan, sepertinya investasi Reksadana lah yang paling fleksibel dan mudah untuk dilakukan. Profil resiko dan jangka waktu berinvestasi yang Anda inginkan dapat disesuaikan di investasi Reksadana ini. Untuk mencapai dana untuk jangka waktu yang pendek, Anda bisa memilih jenis investasi Reksadana Pasar Uang. Reksadana campuran dan Reksadana Pendapatan tetap sendiri cocok untuk tujuan finansial di jangka waktu menengah. Sedangangkan untuk Anda yang serius berinvestasi dan membutuhkan dana untuk jangka waktu yang panjang bisa saja mencoba investasi Reksadana Saham.