Peran Regulator BAPPEBTI dalam Kaitannya dengan Pialang Berjangka

By on June 9, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 1,298 kali

Edukasi – Perdagangan berjangka mungkin adalah sesuatu yang baru bagi sebagian masyarakat Indonesia. Sangat jelas jika perdagangan berjangka berbeda dengan perdagangan biasa. Didalam perdagangan berjangka ini, ada kontrak berjangka yang dimana jumlah, jenis, mutu, waktu, dan tempat penyerahannya sudah ditetapkan terlebih dahulu. Pada dasarnya perdagangan berjangka akan dilakukan di bursa berjangka yang memiliki banyak pasar berjangka sesuai dengan komoditi yang diperjualbelikan. Transaksi berjangka akan dilakukan oleh anggota bursa, yaitu pedagang berjangka dan pialang berjangka.

Jika Anda adalah seorang pedagang berjangka, lalu apakah atau siapakah pialang berjangka itu? Dapat dikatakan jika pialang berjangka adalah perantara yang menghubungkan pedagang dengan bursa. Anda tidak bisa melakukan kontrak berjangka di bursa, tanpa adanya peran pialang berjangka. Biasanya pialang berjangka berbentuk perusahaan yang memiliki banyak wakil pialang. Pedagang dapat memberikan amanat kepada pialang berjangka dalam melakukan transaksi perdagangan komoditas sesuai dengan kontrak berjangka.

Dewasa ini, perdagangan berjangka baik pasar fisik atau jasa di Indonesia sepenuhnya dibina, diatur, dan diawasi oleh Bappebti (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi). Bappebti diberikan tanggung jawab oleh Kementrian Perdagangan Indonesia untuk memantau kegiatan perdagangan berjangka agar sesuai dengan jalannya. Adakah peran regulator Bappebti dalam kaitannya dengan pialang berjangka? Ya, tentu saja ada.

Bappebti memiliki kewajiban untuk memeriksa, menilik, dan memberi izin kepada pialang berjangka yang dianggap sesuai dengan undang-undang. Perdagangan berjangka di Tanah Air kerap kali diwarnai dengan praktik pialang berjangka illegal maupun pelanggaran yang dilakukan oleh beberapa pialang yang berizin ataupun tidak. Nasabah atau pedagang berhak memberikan pengaduan ke Bappebti jika menemukan permasalahan tersebut. Kemudian peran regulator Bappebti dalam kaitannya dengan pialang berjangka illegal dan bermasalah adalah melakukan penyidikan dan pemeriksaan. Masalah ini bisa masuk ke ranah hukum, bahkan pencabutan izin bagi pialang saham yang melanggar peraturan.

Sampai saat ini, sudah ada kurang lebih 66 pialang saham yang disahkan dan diberi izin praktik oleh Bappebti. Bahkan regulator milik negara ini memberikan beberapa trik dalam memilih perusahan pialang berjangka yang baik di halaman resminya www.bappebti.go.id. Dikatakan jika pialang yang mengumbar janji keuntungan besar dan minim resiko harus dicurigai. Selidiki informasi-informasi penting seperti nomor telepon yang bisa dihubungi, nomor izin perusahaan pialang tersebut, dan nama perusahaannya untuk nanti diperiksakan ke Bappebti. Inilah peran regulator Bappebti dalam kaitannya dengan pialang berjangka dan pedagang perjangka agar tercipta suatu perdagangan yang teratur, efisien, wajar, dan sehat. Bappebti selalu ada untuk melindungi nasabah dari segala tindak kriminal yang dapat merugikan. Indonesia bukanlah satu-satunya negara yang memiliki regulator perdagangan berjangka, hampir semua negara yang memiliki bursa berjangka diawasi oleh regulator perdagangan berjangnya tersendiri.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty