Penyelamatan Krisis Keuangan Siprus Capai Kesepakatan, Bursa Saham Asia Naik

By on April 1, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 1,697 kali

Penyelamatan Krisis Keuangan Siprus Capai Kesepakatan, Bursa Saham Asia Naik

Bursa saham di zona Euro dan Asia Pasifik menguat pada awal perdagangan Senin 25 Maret 2013. Hal itu, dipicu adanya berita yang beredar dari Uni Eropa bahwa Presiden Siprus dan Bank Sentral Eropa telah menyetujui garis besar dari kesepakatan penyelamatan negara tersebut dari krisis keuangan. Mata uang Euro terhadap dolar Amerika Serikat naik menjadi US$1,3050 dari sebelumnya US$1,2980, bergerak menjauh dari level terendah empat bulan terakhir di US$1,2844 yang terjadi Selasa lalu.

“Berita itu (pencegahan krisis di Siprus) membuat pasar saham menunggu. Ya, semacam kesepakatan. Namun, ketidakpastian bursa tetap terjadi karena menanti diskusi lebih lanjut,” Kata Yuji Saito, direktur valuta asing di Credit Agricole, Tokyo, seperti dikutip dari laman Reuters.

Indeks MSCI Asia Pasifik di luar Jepang naik tipis 0,5 persen, setelah mendekati level terendah dalam tiga bulan terakhir yang terjadi pada akhir pekan lalu atau Jumat 22 Maret 2013.

Seperti diketahui, Bank Sentral Eropa memberikan waktu hingga Senin ini kepada Siprus untuk memenuhi ketentuan bailout atau dana talangan sebesar 5,8 miliar euro, yang diperlukan untuk mengamankan negara tersebut di kancah internasional.

Namun, bila tanpa bantuan itu, negara di Eropa tersebut terancam akan keluar dari zona euro.

Sementara itu, indeks saham Australia memperpanjang kenaikannya setelah dipicu berita seputar kesepakatan pencegahan krisis di Siprus, terjadinya pembelian kembali saham setelah jatuh pekan lalu dan pemulihan harga komoditas biji besi.

Bursa saham Korea Selatan juga dibuka naik satu persen, setelah menutup pekan sebelumnya di level terendah dalam lima minggu terakhir.

Indeks saham utama Jepang, Nikkei 225 pun dibuka menguat 1,4 persen pada perdagangan hari ini, setelah jatuh 2,4 persen pada Jumat lalu. (Sumber Vivanews)