Pentingnya Membuat Rencana Keuangan Pribadi

By on August 11, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 352 kali

Perencanaan Keuangan – Seseorang dengan rencana keuangan pribadi tentu akan memiliki cerita yang berbeda dengan mereka yang tidak memiliki rencana keuangan. Sebuah rencana dibuat dalam rangka mencapai tujuan tertentu. Anda yang memiliki rencana keuangan tentunya akan memilih jalan dan cara yang tepat untuk mencapai tujuan tersebut. Sehingga Anda tidak perlu waktu yang lama untuk mencapai tujuan tersebut. Hal ini menjadikan sebuah rencana keuangan pribadi sangat penting dibuat karena:

Dapat merencanakan masa depan

Setiap orang tentunya memiliki rencana dan keinginan tersendiri yang berkaitan dengan keuangan. Rencana dan keinginan ini tentu berkaitan dengan cita-cita masa depan yang ingin dicapai. Tidak peduli itu memiliki mobil, berhaji, memiliki rumah hingga membangun usaha, semuanya adalah rencana untuk masa depan. Dengan rencana keuangan ini, Anda akan menempuh waktu yang tepat sehingga rencana dan keinginan Anda tercapai. Sementara mereka yang tidak memiliki rencana justru akan menempuh waktu yang lama untuk sekedar menyiapkan dan merencanakan masa depan.

Mengendalikan keuangan

Rencana keuangan dibuat dengan mengetahui secara pasti arus keuangan Anda. Tidak hanya mengenai pengeluaran yang harus Anda penuhi tapi juga mengenai penghasilan yang Anda dapatkan. Dua hal penting ini akan membuat Anda disiplin dan patuh dengan rencana keuangan yang Anda buat. Sekaligus menjadi kendali yang cukup ampuh terhadap arus keuangan yang Anda miliki. Secara otomatis hal ini akan membuat Anda selalu memeriksa arus keuangan. Sehingga segala keinginan yang tidak prioritas dapat ditekan pemenuhannya untuk memastikan keuangan dalam kondisi stabil hari ini, besok dan di masa depan.

Membuat kualitas hidup menjadi lebih baik

Pada dasarnya kualitas hidup ditentukan oleh Anda yang memiliki rencana keuangan pribadi. Mereka yang tidak memiliki rencana keuangan akan lebih sulit untuk mengendalikan keuangan. Bisa jadi nafsu belanja,keinginan hingga memenuhi kebutuhan tidak terkendali. Sehingga setiap penghasilan yang didapatnya selalu kurang yang berdampak pada adanya hutang. Berbeda dengan Anda yang memiliki rencana keuangan pribadi, semua keinginan dan kebutuhan dapat ditekan. Rencana keuangan menuntut pola hidup sederhana yang memprioritaskan kebutuhan bukan keinginan. Sehingga Anda terhindar dari hutang dan kualitas hidup Anda bertambah baik tanpa hutang.

Kondisi finansial tidak pasti dapat diminimalisir

Membuat rencana keuangan pribadi berarti mengatur semua pengeluaran selaras dengan jumlah penghasilan yang Anda dapatkan. Sekaligus menyisihkan penghasilan untuk ditabung sebagai dana darurat baik untuk kesehatan atau asuransi. Dengan demikian jumlah pengeluaran yang harus Anda bayarkan tidak melebihi jumlah penghasilan yang Anda dapatkan. Hal ini tentunya akan menjadikan kondisi finansial menjadi lebih stabil dan terencana. Sehingga saat terjadi kebutuhan mendesak atau darurat, Anda masih memiliki simpanan yang cukup tanpa harus berhutang. Secara tidak langsung hal ini akan memastikan kondisi keuangan Anda lebih stabil, bahkan meski terjadi kebutuhan darurat atau mendesak.

Merdeka secara keuangan

Bagi sebagian orang, masa-masa produktif dimanfaatkan untuk bekerja keras dengan bekerja lebih cerdas, produktif dan tentunya menghasilkan keuntungan. Dalam masa-masa ini mereka lebih memilih untuk bekerja tanpa harus dibebani dengan keinginan-keinginan tidak prioritas yang justru menjadi beban. Mereka membuat rencana keuangan yang matang sehingga saat menjalani masa pensiun, mereka akan menikmati hasil kerjanya tanpa adanya beban seperti hutang. Namun mereka yang tidak memiliki rencana keuangan, lebih mudah tergoda pada keinginan yang tidak prioritas sehingga menghabiskan masa produktifnya untuk membayar beban hutang yang tidak habis hingga masa tua. Menjalani masa tua tanpa memikirkan hutang hanya bisa Anda lakukan jika memahami pentingnya membuat rencana keuangan pribadi sejak dini.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty