Pentingnya Manajemen Waktu Untuk Pebisnis

By on May 6, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 0 kali

Start-Up Bisnis – Menjadi seorang pebisnis tentu harus memiliki wawasan yang luas, tak terkecuali dengan bidang manajemen. Pasalnya, manajemen tidak bisa dipisahkan dengan semua hal yang berkaitan dengan bisnis. Melalui manajemen yang tepat maka sebuah bisnis bisa berjalan sesuai target dan mendapat keuntungan yang berlipat. Diantaranya adalah membangun manajamen kepegawaian agar terbentuk tim yang solid. Kemudian, mengatur kas perusahaan melalui manajemen keuangan yang baik dan juga manajemen waktu yang tepat agar semua pekerjaan selesai sesuai dengan target.

Sebagai seorang pengusaha, tentu mempelajari sebuah manajemen waktu adalah hal yang mutlak. Dengan menjalankan manajemen waktu yang baik maka Anda akan menjadi seorang pengusaha professional seiring dengan berjalannya waktu. Selain itu, pengusaha yang berhasil menggunakan waktunya dengan tepat maka tidak akan menemui kesulitan saat menjalankan bisnis. Pasalnya, dengan menerapkan manajemen waktu yang baik maka akan semakin mudah meraih kesuksesan. Anda bisa menerapkan manajemen waktu seperti halnya yang digunakan oleh banyak pengusaha berikut ini.

Merencanakan waktu secara efektif

Waktu adalah sebuah sumber daya yang tak bisa diperbarui bagi seorang pengusaha dalam menjalankan bisnis. Hal ini dikarenakan setiap aktivitas yang sudah berjalan tidak akan bisa terulang dilain waktu dalam kondisi yang sama. Oleh karena itu, dalam bisnis dikenal dengan istilah “waktu adalah uang”. Artinya, sekali melakukan kesalahan maka bisa dipastikan Anda tidak akan mengulangi kesempatan yang sama dilain waktu. Jadi, seorang pebisnis profesional akan mengalokasikan waktunya sebaik mungkin agar bisa menyelesaikan setiap pekerjaannya dengan baik setiap detik.

Seorang pebisnis yang sudah mendapat predikat profesional akan tergambar dengan jelas melalui schedule yang tersusun rapi. Seorang pebisnis yang mampu mengatur waktunya dengan baik maka akan semakin mudah untuk mengatur hal yang lainnya. Anda tidak akan bisa mengulang waktu yang sudah berlalu. Apa yang menjadi prioritas utama dalam menjalankan bisnis tentunya harus diselesaikan terlebih dulu. Jangan sampai melakukan hal-hal yang memang tidak bermanfaat bagi perkembangan bisnis Anda. Walaupun 24 jam sehari terkesan sangat panjang, namun tidak sedikit pebisnis yang tidak mampu memanfaatkan waktu yang selama sehari penuh dengan baik. Jadi, sebagai seorang pebisnis Anda harus bisa merencanakan waktu dengan baik untuk melakukan aktivitas yang bermanfaat dalam satu hari.

Manajemen waktu dalam menjalankan bisnis

Menjalankan sebuah bisnis memang layaknya sebuah roda yang berputar. Jadi, terkadang Anda berada diatas sedangkan pada waktu yang lain Anda pun akan berada di bawah. Hal ini dikarenakan, perjalanan bisnis pun mengalami pasang surut dimana mengharuskan Anda selalu siap menghadapi setiap kondisi yang ada. Oleh karena itu, sebagai seorang pebisnis harus bisa menentukan kapan saatnya untuk selalu tetap berada di jalur tepat. Bahkan, disaat Anda memang harus memutuskan untuk mengubah haluan atau arah perjalanan bisnis. Sebagai seorang pebisnis, Anda dituntut untuk bisa menentukan timing yang tepat dalam berproses agar bisnis bisa bertahan dan selalu mencapai target dari waktu ke waktu.

Seorang pebisnis tidak boleh hanya duduk dan diam menunggu apa yang akan terjadi pada perusahaannya. Tetapi seorang pebisnis harus selalu menunjukkan pergerakan yang dinamis dari waktu ke waktu dalam menyelesaikan pekerjaannya. Jika merasa waktu yang digunakan tidak terlalu tepat maka Anda bisa mendelegasikan pekerjaan tersebut kepada karyawan lainnya. Hal ini dilakukan agar yang menjadi prioritas dalam mencapai target tetap tercapai tanpa harus membuat Anda mengalami sebuah hambatan yang membuat banyak pekerjaan terbengkalai.

Selain menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target maka seorang pebisnis juga dituntut untuk bisa membangun jaringan yang seluas-luasnya. Memperluas jaringan merupakan hal yang utama dalam menjalankan sebuah bisnis. Jaringan bisnis yang luas akan semakin mempercepat pertumbuhan bisnis Anda. Oleh karena itu, seorang pebisnis juga harus bisa meluangkan waktunya untuk bersosialisasi dengan pebisnis lainnya untuk memperluas jaringan bisnisnya.

Mengatur waktu yang baik untuk bisnis jangka panjang

Dalam menerapkan manajemen waktu maka jangan lupa untuk selalu melihat jangka panjang. Saat melihat sebuah dengan jangka panjang maka akan mudah diketahui apa saja yang akan tercapai di masa yang akan datang. Hal ini berbeda dengan melihat perjalanan bisnis melalui jangka pendek yang akan mengetahui capaian perjalanan bisnis sehari-hari. Bisa jadi Anda akan terkagum dengan apa saja yang akan dicapai oleh bisnis Anda.

Seorang pebisnis tentunya bisa mengidentifikasi apa saja aktivitas yang terbuang sia-sia selama sehari penuh. Kemudian, mengubahnya menjadi suatu yang produktif sehingga menghasilkan keuntungan yang besar. Sebuah schedule yang tepat akan mempercepat laju pertumbuhan bisnis Anda setiap harinya. Bahkan, dengan sebuah manajemen waktu yang baik maka tidak akan ada kata “menunda pekerjaan” agar selalu bisa mencapai target yang telah ditetapkan. Anda bisa mengontrol semua sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan agar bisa menghasilkan sebuah keuntungan besar sesuai dengan yang diinginkan.

Selalu fokus dengan alokasi waktu yang telah ditetapkan

Anda harus bisa membangun kebiasaan agar selalu fokus dengan alokasi waktu yang telah ditetapkan. Bayangkan diri Anda menjadi sebuah laser yang digunakan oleh para penembak jitu. Laser tersebut akan selalu mengarah tepat sasaran saat diarahkan kemana saja. Oleh karena itu, jangan sampai terganggu dengan hal-hal yang membuat Anda semakin menjauh dengan target yang telah ditetapkan. Semakin Anda fokus dengan apa yang telah ditetapkan maka hal tersebut akan membuat Anda semakin mudah mencapai kesuksesan. Sekali lagi, jangan sampai melakukan hal-hal diluar yang telah ditetapkan sehingga tidak memberikan manfaat bagi pertumbuhan bisnis Anda.

Menerapkan manajemen waktu agar lebih produktif

Pada dasarnya, sebuah produktivitas kerja tidak bisa diukur dengan banyaknya luang yang dimiliki oleh seseorang. Jika memang dalam satu waktu Anda tidak menghasilkan apapun maka sebaiknya periksa kembali daftar pekerjaan yang harus dilakukan pada satu hari kerja agar menjadi lebih efektif. Salah satu cara terbaik agar menjadi lebih efektif dalam satu hari adalah dengan membuat daftar pekerjaan sesuai dengan alokasi waktu yang ada. Kemudian, pasanglah daftar pekerjaan tersebut disekitar meja kerja Anda agar setiap hari bisa menjadi lebih produktif. Dalam menjalankan manajemen waktu maka Anda akan menerima segala konsekuensi dari setiap pekerjaan yang berhasil diselesaikan atau tidak sesuai dengan schedule. Sebagai seorang pebisnis, Anda berhak menerapkan manajemen waktu yang terbaik agar perusahaan bisa meraih keuntungan sesuai dengan yang diinginkan.

 

Sumber: studentpreneur.co