Pentingnya Investasi untuk Pelajar dan Mahasiswa

By on December 16, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 336 kali

Investasi Reksadana – Cara berinvestasi reksadana bagi pelajar dan mahasiswa mungkin pembahasannya tidak seramai cara mendapatkan pekerjaan. Sebab walau masih berstatus anak sekolah atau kuliah, tetapi keinginan untuk memiliki pendapatan sendiri tidak bisa dihindari. Diluar faktor kebutuhan dan gaya hidup modern, sebenarnya pelajar dan mahasiswa dikemudian hari berkewajiban memiliki penghasilan sendiri.

Penghasilan memang sebagian untuk disisihkan dan sebagian untuk dibelanjakan. Namun yang kebanyakan orang menyisihkan pendapatannya untuk ditabung. Padahal jika Anda berkeinginan mendapatkan kenaikan nilai aset dari penghasilan bukan menabung pilihannya tetapi berinvestasi.

Bedanya menabung dan berinvetasi

Sebagai perbandingan, apa bedanya menabung dan berinvetasi ? Menabung merupakan kegiatan menyisihkan uang yang akan digunakan untuk tujuan tertentu,biasanya dalam jangka waktu dibawah setahun, dan tidak menghadapkan kenaikan jumlah aset.

Sementara investasi merupakan kegiatan menyisihkan uang yang akan digunakan untuk tujuan tertentu, baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang, dan mengharapkan kenaikan jumlah aset. Tetapi dalam investasi masih ada risiko terjadinya penurunan nilai aset.

Secara teori, jika investasi dilakukan lebih cepat maka akan semakin baik. Sebab nilai investasi  yang memiliki waktu panjang untuk berkembang, sehingga potensi untuk mendapatkan kenaikan aset juga menjadi lebih tinggi.
Lalu jenis invetasi apa yang cocok untuk pelajar dan mahasiswa? Sebenarnya ada banyak produk investasi dipasaran yang paling terkenal adalah emas, namun bagi pelajar dan mahasiswa jenis investasi bulanan yang bisa dijadikan pilihan adalah reksadana. Reksadana merupakan suatu portofolio investasi, atau investasi yang dilakukan secara kolektif untuk membeli saham, obligasi, deposito dan lain sebagainya.

Reksadana bagi pelajar dan mahasiswa

Mengapa reksadana? Mungkin dalam pikiran Anda terpikirkan mengapa pelajar dan mahasiswa harus memilih reksadana. Pertama secara administrasi. Persyaratan untuk menjadi investor reksadana, yaitu KTP sudah dimiliki pelajar SMA dan mahasiswa. Sementara bagi pelajar dengan SD dan SMP yang ingin menjadi investor reksadana bisa membuat rekening bersama atas nama orang tua dan anak.

Kedua secara finansial. Meski berstatus anak sekolah atau kuliah, namun tidak berarti tidak ada penghasilan sama sekali. Penghasilan bisa berasal dari sisa uang jajan pemberian orang tua, bahkan pendapatan dari pekerjaan sebagai tenaga paruh waktu. Yang perlu diingat adalah selama ada pendapatan yang lebih besar dari pengeluaran, maka pelajar dan mahasiswa bisa menyisihkan kelebihan tersebut untuk melakukan investasi, seperti reksadana.
Dengan uang minimal Rp. 100 ribu setiap bulannya, pelajar dan mahasiswa sudah bisa berinvetasi di reksadana. Reksadana yang dapat dibeli pelajar dan mahasiswa mulai dari pendapatan tetap, pasar uang, campuran serta saham. Namun, Anda harus mengetahui cara kerja, perbedaan risiko dan potensi keuntungan dari masing-masing reksadana tersebut.

Pelajar dan mahasiswa juga harus memiliki pemahaman yang baik tentang reksadana dan tujuan keuangannya agar bisa menyesuaikan dengan pilihan reksadana yang ada, seperti.

  • Untuk tujuan finansial selama 1 tahun, Anda bisa memilih reksadana pasar uang.
  • Untuk tujuan finansial selama 1 hingga 3 tahun, Anda bisa memilih reksadana pendapatan tetap.
  • Untuk tujuan finansial selama 3 hingga 5 tahun, Anda bisa memilih reksadana campuran.
  • Sementara  untuk tujuan finansial lebih dari 5 tahun, Anda bisa memilih reksadana saham.

Tujuan finansial yang realistis bagi pelajar dan mahasiswa adalah uang yang diinvestasika bisa digunakan untuk modal usaha setelah lulus atau melanjutkan pendidikan. Dengan memiliki dana simpanan yang nilai asetnya meningkat tentu akan jauh lebih menguntungkan. Untuk itu bagi Anda pelajar dan mahasiswa tidak perlu ragu untuk mulai berinvestasi, terlebih setelah membaca informasi mengenai cara berinvestasi reksadana bagi pelajar dan mahasiswa.