Penting Memiliki Asuransi Jiwa

By on August 11, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 324 kali

Asuransi – Pada anggaran dana keluarga ada satu hal yang tidak boleh dilewatkan salah satunya yaitu anggaran kepemilikan asuransi. Terutama sebagai kepala keluarga tentu sudah sewajibnya untuk memberikan perlindungan pada anggota keluarganya yang lain seperti bencana alam yang kini sering terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Namun ternyata hadirnya asuransi masih kurang dipahami oleh warga. Secara tidak sadar kita lebih sering mendahulukan nafsu untuk membeli ini itu yang melampaui batas, namun untuk perlindungan jiwa justru kurang memperhatikan. Padahal tidak ada yang bisa memprediksikan mengenai keadaan kita di masa yang mendatang.

Maka dari itu penting memiliki asuransi jiwa.

Kesadaran untuk memiliki asuransi tampaknya masih sedikit, maka dari itu banyak orang lebih memilih hidup tanpa perlindungan. Padahal bila dihitung – hitung akan lebih baik bila kita sudah mempersiapkan semuanya terlebih dahulu. Mengingat bahwa kejadian buruk tidak bisa diduga terlebih dahulu. Padahal saat ini banyak agen asuransi yang bisa menjelaskan betapa menguntungkannya jika kita memiliki proteksi terhadap diri sendiri juga keluarga. Cukup dengan membayar premi disetiap bulannya maka kelak kita sendiri yang mendapatkan manfaatnya. Penting memiliki asuransi jiwa sangatlah banyak, yaitu :

1. Musibah tidak bisa diprediksi
Hadirnya musibah yang menimpa kita tidak dapat diprediksi terlebih dahulu, bahkan kepada mereka yang masih berusia muda dan tampak sehat. Namun dengan adanya asuransi yang melindungi nasabahnya dari berbagai musibah seperti kecelakaan, penyakit berat yang menyebabkan adanya masalah keuangan karena kepala keluarga tidak mampu lagi menghidupi keluarga. Dengan adanya asuransi maka dapat meringankan beban keluarga Anda.

2. Biaya kesehatan terus melonjak
Dari hasil pemantauan badan kesehatan, biaya rata – rata dalam melakukan pengobatan di Indonesia saat ini naik hingga 13,55 persen per tahunnya. Mengingat bahwa rata – rata pendapatan masyarakat Indonesia hanya naik sekitar 1,2 persen saja per tahunnya. Tentu angka ini sangat tidak relevan sehingga asuransi menjadi solusi untuk mengatasi keluh kesah keluarga Anda. Apalagi kenaikan biaya kesehatan ini tidaklah sebanding dengan kenaikan gaji karyawan.

3. Kematian merupakan hal pasti
Setiap jiwa yang hidup tentu akan merasakan mati, setidaknya kalimat tersebut cukup menyadarkan kita bahwa kematian juga tidak dapat dihindari. Hanya menghitung waktu mundur saja kapan Tuhan memanggil diri ini untuk segera kembali kepangkuanNya. Bayangkan bila tulang punggung keluarga meninggal secara tiba – tiba, namun tidak memiliki perlindungan apapun. Tentu hal ini sangat menyulitkan karena tidak adanya penafkah. Maka dari itu asuransi hadir untuk menangani masalah keuangan karena hilangnya pemasukan keluarga.

Jika Anda masih muda dan merasa sangat sehat, maka jangan tertipu olehnya dan merasa bahwa Anda belum membutuhkan asuransi. Atau mngkin Anda merasa bahwa belum saatnya mendaftar asuransi karena belum menikah? Belum memiliki anak? Hal ini merupakan pemikiran yang salah. Justru disaat masih muda inilah kita harus tau penting memiliki asuransi jiwa untuk melindungi diri sendiri dari segala kemungkinan yang bisa terjadi pada diri kita. Mengingat usia orang tidak akan ada yang mengetahuinya. Oleh karena itu bila memiliki asuransi jiwa maka hidup menjadi lebih tenang. Bahkan seorang petinggi pernah berkata bahwa asuransi merupakan cara seseorang untuk menghargai dirinya sendiri. Menghargai diri sendiri karena jiwanya dianggap penting penting dan juga bukti bahwa keluarga tercinta sangatnya penting. Memiliki asuransi saat masih muda justru premi yang dibayarkan juga semakin ringan.