Penglihatan Buruk Salah Satu Alasan Klaim Dapat Ditolak

By on January 13, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2,410 kali

Penglihatan Buruk Salah Satu Alasan Klaim Dapat DitolakAsuransi – Jika Anda mengalami kecelakaan dan ditemukan bahwa Anda gagal untuk menjaga laik jalan mobil Anda, misalnya ban terlalu usang, dan itu adalah faktor penyumbang dalam kecelakaan tersebut, perusahaan asuransi Anda mungkin akan menolak untuk membayar klaim Anda. Dan polisi juga akan memberikan sanksi! Namun, pasti Anda akan membela diri. Tapi bagaimana jika Anda yang tidak layak jalan?

Berapa banyak kecelakaan mengemudi yang disertai dengan komentar “Aku tak melihat kendaraan lain”? Dan apa yang terjadi jika masalahnya adalah penglihatan Anda sendiri? Apakah hal tersebut memburuk menuju tingkat yang berbahaya?

Nah kita semua jelas tahu jika kita memiliki masalah penglihatan tetapi ada optik untuk membantu mengatasi kendala penglihatan ini. Ingat, jika Anda membutuhkan lensa kontak atau kacamata untuk mengemudi maka Anda harus memakainya dan jika penglihatan Anda memburuk Anda harus meminta resep baru. Ini merupakan tanggung jawab hukum dari semua pengemudi untuk memastikan bahwa mereka aman untuk mengendarai kendaraan.

Undang-undang yang diberlakukan sebenarnya cukup mudah dipahami yang menyatakan bahwa setiap pemegang izin mengemudi yang tidak dapat memenuhi tingkat minimum penglihatan tidak boleh mengemudi. Mereka juga diminta untuk menyerahkan SIM mereka.

Tes penglihatan bagi negara-negara pengendara mensyaratkan bahwa Anda harus bisa membaca plat nomor yang berisi huruf dan angka (itu adalah plat nomor hukum) dari jarak 20 meter. Namun Anda bisa menggunakan kacamata mengemudi Anda.

Setelah mengatakan bahwa tidak ada kewajiban hukum bagi Anda untuk memiliki tes penglihatan biasa, mungkin Anda masih diminta untuk memberitahu bagian pemeriksaan kesehatan jika Anda mengembangkan masalah medis yang mempengaruhi kebugaran Anda untuk mengemudi. Jika Anda tidak memberitahu mereka, itu akan menjadi tindak pidana.

Di negara Amerika,  pengemudi harus mengambil tes mata setiap lima tahun. Sedang di Inggris, pengemudi  berusia 70 atau lebih lebih harus mengisi formulir medis setiap tiga tahun untuk mengkonfirmasikan kebugaran mereka dalam mengemudi dan definisi “kebugaran” itu sendiri meliputi penglihatan. Jika pengemudi  gagal memberikan laporan medis yang tanpa masalah, mereka kehilangan SIM mereka. Contoh yang sudah diterapkan di kedua negara maju ini sungguh patut ditiru dan dikembangkan di Indonesia.

Di depan asuransi, jika Anda terlibat dalam suatu kecelakaan di mana penglihatan Anda yang kurang bagus  merupakan faktor penyumbang terjadinya kecelakaan, perusahaan asuransi Anda mungkin berpendapat bahwa Anda lalai dan menolak untuk membayar klaim yang Anda ajukan. Ini bisa jadi hanya karena Anda membutuhkan kacamata untuk membantu penglihatan Anda namun tidak memakainya pada saat seharusnya Anda pakai.
Jadi berkendaralah dengan hati-hati dan jagalah kesehatan mata Anda!