Pengertian Reksadana Beserta Bentuk-Bentuknya Secara Hukum

By on January 8, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 260 kali

Investasi Reksadana – Apa saja bentuk hukum reksadana? Saat ini banyak sekali bentuk investasi yang dapat anda iktui contohnya adalah reksadana. Saat ini reksadana memang bukan hal yang baru lagi. Sudah banyak orang yang melakukan investasi pada reksadana ini. Reksadana termasuk dalam kategori jenis invetasi yang aman dan menguntungkan. Selain itu reksadana ini juga sudah terdaftar sebagai efek yang dapat diperjualbelikan serta terdapat undang-undang untuk mengatur pengelolaannya. Hasil yang diberikan untuk para investor juga sangat kompetitif dan proses untuk melakukan transaksi juga jauh lebih mudah serta terjangkau untuk pembelian dalam berapapun jumlahnya.

Pengertian Reksadana

Pengertian reksadana terdapat dalam Undang-Undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 Pasal 1 ayat 27 yaitu wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat Pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Bentuk Hukum Reksadana

Menurut Undang-Undang Pasar Modal Nomor 8 Tahun 1995 Pasal 18 ayat 1 terdapat 2 -Undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 Pasal 1 ayat 27 terdapat dua bentuk hukum reksadana yang ada di Indonesia yaitu bentuk Perseroan Terbatas (PT) serta Kontrak Investasi Kolektif (KIK).

1. Reksadana Berbentuk Perseroan Terbatas (PT)
Pada bentuk hukum reksadana di Perseroan Terbatas (PT) perusahaan akan menghimpun dana dengan melakukan penjualan terhadap saham yang selanjutnya dana yang diperoleh dari menjual saham tersebut akan dijadikan investasi untuk berbagai jenis efek yang akan diperdagangkan, baik itu untuk pasar modal maupun pasar uang yang melalui manajer investasi. Saham reksadana perseroan yang dimiliki oleh investor akan menjadi pemegang saham dalam perseroan yang dimilikinya baik dalam hak maupun kewajibannya yang berada secara melekat.
Ciri dari reksadana yang berbentuk Perseroan Terbatas ini adalah kekayaan reksadana dikelola berdasarkan kontrak antara manajer investasi yang dipilih dengan direksi perusahaan. Dan untuk kekayaan reksadana yang disimpan berdasarkan hubungan kontrak antara bank kustodian dengan manajer investasi.
Terdapat 2 kelompok dari Reksadana yang berbentuk Perseroan Terbatas menurut karakteristiknya, yaitu:

  • Reksadana Terbuka, yaitu bentuk reksadana yang memberikan penawaran dan pembelian kembali saham-saham yang berasal dari pemodal dan jumlah modal akan disesuaikan dengan yang dikeluarkannya.
  • Reksanda Tertutup, yaitu bentuk reksadana dimana saham yang sudah dijual kepada para pemodal tidak dapat untuk dibeli kembali sahamnya.

2. Reksadana Berbentuk Kontrak Investasi Kolektif (KIK)
bentuk hukum reksadana yang satu ini berbeda dengan yang Perseroan Terbatas. Pada reksadana yang berbentuk KIK ini akan menerbitkan Unit Penyertaan. Sehingga reksadana yang satu ini merupakan instrument dalam menghimpun dana para investor untuk menerbitkan Unit Penyertaan yang selanjutnya dapat dijadikan sebagai investasi untuk setiap efek yang diperdagangkan baik itu untuk pasar modal ataupun pada pasar uang.
Reksadana berbentuk KIK mempunyai sebuah kontrak yang akan disetujui oleh 2 pihak yiatu Manajer Investasi dan Bank Kustodian yang terikat dalam memegang Unit Penyertaan. Manajer Investasi akan diberikan sebuah wewenang dalam pengelolaan portofolio untuk investasi kolektif, sedangkan untuk Bank Kustodian akan diberikan sebuah wewenang dalam melaksanakan penitipan untuk investasi kolektif tersebut, menjalankan fungsi administrasi serta menjadi agent yang melakukan transfer.

Reksadana berbentuk KIK mempunyai ciri-ciri sebagai berikut yaitu, bentuk hukumnya merupakan kontrak investasi kolektif, manajer investasi bertugas untuk mengelola reksadana yang sesuai dengan kontrak dan bank kustodian akan berperan sebagai penyimpan kekayaan investasi kolektif yang juga berdasarkan kontrak.
Demikian beberapa bentuk hukum reksadana yang ada di Indonesia.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty