Pengertian Penawaran Harga Saham Perdana

By on January 28, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 251 kali

Investasi Saham – Jika Anda bergerak dalam bisnis investasi dalam saham sebuah perusahaan taua sekuritas tentu sudah pernah menegar apa itu penawaran harga saham perdana (IPO).  Dana investasi seperti ini tentunya akan membuka peluang keuntungan yang lebih besar untuk perusahaan tersebut dan juga untuk masyarakat yang ingin melakukan investasi di perushaan terebut.

Apa itu penawaran saham perdana

Penawaran saham perdana atau nama lainnya adalah Initial Public Offering disingkat menjadi IPO. Adalah sebuah perusahaan yang memutuskan untuk go public  dan hendak menawarkan saham yang ada di perusahaan tersebut pada public. Penawaran tersebut yang disebut dengan penawaran saham perdana atau disebut juga dengan IPO / Initial Public Offering. Akan tetapi sebelum perusahaan ini melakukan go public maka perusahaan ini harus mempersiapkan berbagai macam dokumen yang disyaratkan oleh Bapepam. Persyaratan ini harus dipenuhi oleh perusaahaan tersebut sebagai bentuk pengamanan terhadap dana dari perusahaan dan dana dari investor, dan juga sebagai data untuk Bapepam.

Proses go public dalam sebuah perusahaan

Adalah sebuah perusahaan yang berkembang menjadi sebuah perusahaan besar yang mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Ketika perusahaan ini sudah cukup besar, maka perusahaan ini memutuskan untuk melakukan go public, yang notabene adalah berbagi kepemilikan saham dengan public, dan kompensasi untuk perusahaan tersebut adalah perusahaan tersebut akan memperoleh modal tambahan untuk memperbesar perusahaan tersebut.
Perusahaan yang hendak melakukan go public tersebut akan mendatangi pihak perusahaan sekuritas untuk mempersiapkan berbagai macam dokumen dan juga menetapkan harga saham  yang akan dijual pada public.

Perusahaan sekuritas ini bertindak sebagai penjamin emisi terhadap perusahaan tersrbut. Setelah berbagai macam dokumen telah dipersiapkan, maka langkah selanjutnya adalah mempersiapkan prospectus perusahaan yang akan melakukan go public tersebut. Ini  adalah sebuah dokumen resmi yang akan dikeluarka untuk setiap investor yang akan melakukan investasi pada perusahaan yang akan melakukan go public tersebut. Isi prospectus tersebut berupa informasi tentang produk perusahaan, jasa dan juga latar belakang dari perusahaan tersebut. Dalam prospectus tersebut juga akan diberkan informasi tentang berbagai macam resiko yang akan dialami oleh perusahaan tersebut. Prostektus tersebut akan dipublikasikan melalui iklan  prostektus yang singkat. Ada kalanya pihak penjamin emisi akan mengatur pertemuan dengan para investor potensial, seperti manager investasi dana pensiun, reksadana dan juga unit link yang lain.

Setelah melakukan penawaran saham perdana kemudian penjatahan maka selanjutnya akan dilanjutkan dengan bagi mereka yang sudah memesan saham atau hendak melakukan investeri akan tetapi tidak kebagian saham. Penyerahan kolektif saham akan dilakukan sekitar 1 bulan berikutnya dan akan dicatat di listing atau di bursa efek. Jika sudah begitu maka sejak hari pencatatan saham dari perusahaan yang hendak go public tersebut resmi terdaftar di bursa efek. Dan biasanya pada hari kedua, harga saham akan mengalami pergerakan baik naik maupun turun. Hal seperti ini tergantung dari keputusan para investor akan menahan harga saham terebut atau hendak melepas saham yang dimilikinya. Investor yang menjual sahamnya pada hari pertama hanya bertujuan untuk mengejar capital gain, yang tentunya akan mempengaruhi naiknya harga saham. Jika harga turun, biasanya para pedagang cenderung melakukan aksi tahan untuk melepas saham ketika harga saham sudah tinggi. Ada banyak sekali faktor yang akan mempengaruhi naik atau turunnya harga saham sebuah perusahaan di bursa efek, yang paling utama adalah kondisi peruhahaan dan juga produk yang diciptakan oleh perusahaan terebut. Jika perusahaan tersebut baik, dan produk-produk yang dihasilkan baik, maka harga saham akan naik secara perlahan. Jadi bagi Anda yang hendak melakukan investasi, ada baiknya jika melakukan investasi pada penawaran harga saham perdana, karena harga tersebut aman untuk diambil. Terlebih lagi saat ini Anda sudah mengetahui apa itu penawaran harga saham perdana (IPO).

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty