Pengertian dan Penjelasan Pajak Barang Mewah dan Apa Saja

By on March 8, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 280 kali

Perencanaan Keuangan – Penjelasan pajak barang mewah dan apa saja mungkin hal ini yang sedang Anda cari. Pengertian mengenai pajak barang mewah sendiri disebut juga dengan Pajak Penjualan Atas barang Mewah atau disingkat menjadi PPnBM adalah pajak yang hanya akan dikenakan pada barang yang digolongkan ke dalam barang mewah yang dilakukan oleh para produsen atau juga pengusaha, atau bahkan pengimpor barang untuk kegiatan usaha atau bahkan pekerjaannya. Adapun prinsip pemungutan pajak barang mewah ini sendiri hanya berlaku atau hanya akan dikenakan sebanyak 1 kali saja, yaitu pada saat pembelian atau diserahkannya barang tersebut pada si pembeli.

Alasan diberlakukannya pajak barang mewah

Yang melatarbelakangi mengapa bisa terjadi pajak barang mewah, atau alasan mengapa pemerintah memberlakukan hal seperti ini karena beberapa hal, seperti :

  • Hal ini perlu dilakukan agar tercipta sebuah keseimbangan yang baik antara pajak penghasilan untuk mereka yang berpenghasilan rendah dan mereka yang berpenghasilan besar.
  • Hal ini juga perlui dilakukan untuk dapat mengendalikan pola konsumsi beberapa barang yang memang dikatagorikan sebagai barang mewah.
  • Adanya bentuk perlindungan terhadap produsen kecil atau skala tradisoinal
  • Dan juga sebagai pengamanan penerimaan negara.

Jenis-jenis barang yang termasuk pajak barang mewah

Ada beberapa jenis barang yang termasuk ke dalam jenis barang mewah seperti :

  • Berbagai barang yang tidak termasuk jenis barang kebutuhan pokok
  • Berbagai macam barang yang hanya digunakan oleh masyarakat tertentu
  • Berbagai macam barang yang hanya didigunakan oleh sebagian masyarakat yang berpenghasilan tinggi
  • Berbagai macam barang yang hanya didigunakan untuk menunjukkan strata atau kelas sosial

Dan jika dijabarkan, maka beberapa barang yang dimaksud tersebut adalah :

  • Properti
    Beban pajak yang harus dibayar sebesar 20% dari harga barang yang dimaksud. Property yang termasuk ke dalam barang mewah adalah rumah dengan luas lahan 350m2 atau lebih, apertemen, townhouse, kondominium, dan beberapa jenis bangunan lainnya dengan luas bangunan 150m2 atau lebih.
  • Peluru dan beberapa senjata api
    Besaran pajak yang harus dibayarkan sebesar 40%, dan jenis barang yang termasuk adalah peluru berikut beberapa jenis senjata api tertentu, tapi bukan senapan angin. Semua hal ini untuk koleksi pribadi dan bukan termasuk keperluan negara.
  • Pesawat udara
    Jenis pesawat yang termasuk disini adalah helikopter, atau pesawat udara lainnya, untuk keperluan komesil, dan bukan untuk keperluan negara. Besaran pajak yang harus dibayar sekitar 50%
  • Senjata api
    Berbagai macam senjata api, terkecuali untuk keperluan negara. Adapun yang termasuk ke dalam senjata api ini antara lain adalah senjata artileri, pistol, revolver, dan beberapa bahan peledak. Adapun besaran pajak yang akan dikenakan sebesar 50%.
  • Kapal pesiar mewah
    Kapal pesiar, yatch, kapal ekskursi dan beberapa jenis kendaraan lainnya termasuk ke dalam jenis barnag mewah, kendaraan ini dipergunakan untuk keperluan komesial dan bukan untuk keperluan negara atau angkutan umum. Besaran pajak yang harus dibayar sekitar 75%.

Ada sebuah berita hangat bahwa pada tanggal 9 Juli 2015 beberapa barang mewah yang tidak disebutkan di atas juga selain kendaraan bermotor tidak lagi termasuk ke dalam barang mewah, dengan demikian harga barang tentunya akan jauh lebih murah. Demikianlah penjelasan pajak barang mewah dan apa saja yang termasuk didalamnya, semoga informasi ini berguna untuk Anda semua.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty