Peluang Trading Saham Yang Perlu Diketahui

By on October 28, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 1,708 kali
Trading Saham

Peluang Trading Saham Yang Perlu Diketahui

Tidak semua orang yang berinvestasi saham melakukan trading saham. Banyak orang yang sudah lama berkutat dalam investasi saham dan ingin mencoba bertrading saham namun masih takut-takut. Sebenarnya peluang trading saham sangatlah besar, namun tidak banyak yang dapat menyadarinya. Dalam aktivitas trading, tentunya akan menguras banyak waktu. Trader yang baik harus bisa memantau pergerakan saham secara fokus dan terus menerus.

Bagi trader pemula yang belum memiliki banyak pengetahuan mengenai trading saham, mungkin akan sedikit mengalami masalah dalam analisis pergerakan saham. Tetapi, Anda bisa saja belajar menjadi trader yang baik dengan mengetahui peluang trading saham berikut ini. Cara mencari peluang trading saham pada ISHG (Indeks Harga Saham Gabungan) adalah dengan mengecek indeks global dan juga regional. Jika semuanya berwarna hijau, artinya ISHG memiliki potensi akan naik juga. Ini dikarenakan ISHG ini hampir selalu mengikuti trend indeks regional dan global, meskipun kadang bergerak berlawanan atau anomali.

Sekarang kita lihat peluang trading saham pada IPO (Initial Public Offering). Ketika peluncuran saham perdana IPO medium cap maupun big caps, respon pasar selalu baik. Sebagai seorang trader yang baik, Anda bisa menyimpan IPO mid caps setidaknya kurang dari satu minggu. Sedangkan saham IPO big caps bisa Anda koleksi untuk waktu yang lebih lama lagi. Dalam mencari peluang trading saham, Anda juga harus selalu siap siaga memantau volume transaksi. Anda dapat memprediksi apakah sebuah tren akan berlanjut atau sebaliknya dengan melihat volume transaksai. Tren bisa terus berlanjut dan harga akn terus naik saat volume transaksi meningkat. Kemudian, pembalikan tren akan terjadi ketika volume transaksi tiba-tiba nak secara drastis.

Anda juga dapat melihat peluang trading saham dalam emiten pengendali harga global, seperti TINS. Biasanya saham emiten ini dipengaruhi oleh pengurangan kuota ekspor, meningkatnya permintaan, harga komoditas, dan yang lainnya. Ketika harga komoditi sedang berada di puncak, Anda bisa saja mengoleksi saham emiten. Sangat baik untuk memilih sahan emiten yang berada dalam sektor sumber daya alam seperti timah, perkebunan, migas, dan yang lainnya. Ini tentunya berkaitan erat dengan harga komoditi dan energi dunia yang terus-terusan merangkak naik. Banyak sekali emiten yang bisa menjadi pilihan untuk Anda seperti PGAS, ANTM, INCO, dan yang lainnya.

Sebenarnya masih banyak sekali peluang trading saham yang dapat Anda temukan. Untuk menjadi seorang trader yang cerdik, diperlukan kejelian dalam melihat setiap peluang trading saham sekecil apapun itu. Anda dapat menemukan peluang milik Anda sendiri seiring dengan aktivitas Anda sebagai seorang trader. Anda juga harus selalu waspada akan adanya saham abal-abal yang dapat merugikan Anda.