Peluang Bisnis Makanan Katering Secara Online

By on November 11, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 389 kali

Inspirasi Bisnis – Makanan katering hingga kini masih menjadi primadona baik untuk para pekerja kantoran maupun ibu rumah tangga yang ingin menyediakan makanan sehat bagi diri sendiri maupun keluarga tercinta tetapi tidak memiliki cukup waktu untuk menyiapkan sendiri. Namun tahukah Anda mengapa peluang bisnis yang berhubungan dengan makanan, terutama makanan katering dapat dengan mudah berkembang?

Produsen memiliki standar mutu sendiri

Meski ditawarkan secara online, setiap makanan yang dibuat oleh produsen tentunya memiliki standar mutu tersendiri yang menjamin konsumen tidak akan kecewa dengan produk yang dimiliki. Contohnya saja ketika Anda memesan nasi tumpeng dengan segala menu pelengkapnya seperti telur dadar, ayam, dan perkedel, tentunya sang produsen juga memperhitungkan proses pengolahan dengan jarak tempuh yang dilayani sehingga pesanan makanan yang diinginkan dapat sampai ke lokasi tujuan tanpa ada masalah lain dalam perjalanan.

Produsen menyiapkan variasi menu yang lebih tahan lama

Apapun menu pesan antar yang disediakan didalam daftar website, tentunya variasi menu tersebut disiapkan dalam anggapan menu yang akan dijual lebih tahan lama daripada menu lainnya. Misalnya saja ada sebuah perusahaan makanan yang menu utamanya adalah gudeg, agar menu tersebut tidak hanya dapat dikirim ke daerah sekitar namun juga keluar pula dan luar negeri maka kemudian perusahaan tersebut menyiapkan variasi menu kalengan yang lebih tahan lama. Sama halnya dengan perusahaan siomay yang ingin agar menu siomaynya tidak hanya dinikmati oleh orang-orang dalam negeri namun juga diluar negeri maka kemudian perusahaan tersebut menciptakan varian menu yang diolah dalam bentuk beku dan dikemas dalam plastik vakum sehingga siomay yang dipasarkan lebih tahan lama.

Pemilik katering yang membangun bisnis online umumnya memiliki outlet yang jelas

Sebelum memasarkan produk makanan yang dimiliki, umumnya pengusaha di bidang makanan sudah terlebih dahulu memiliki outlet yang terkenal luas, sehingga demi meningkatkan pemasaran yang dilakukan, sang pengusaha membangun website yang khusus menawarkan makanan katering yang dijualnya dengan harga yang variatif tergantung ukuran menu dan bahan dasar menu termasuk juga terkadang ada yang ikut memperhitungkan ongkos kirim ke lokasi tujuan.

Harga yang ditawarkan bervariasi

Agar persaingan terlihat lebih sehat dalam bisnis makanan, para produsen pun tentunya akan menawarkan harga yang bervariasi dilihat dari jenis makanan yang ditawarkan. Dengan demikian, konsumen lebih memiliki pilihan untuk memenuhi kebutuhannya akan makanan. Misalnya saja ada 3 perusahaan makanan yang sama-sama menjual siomay, drumstick, dan empek-empek beku. Karena dari ketiga tempat tersebut ada barang yang harganya murah dan mahal dilihat dari ukuran gram. Maka sang konsumen akhirnya memilih mana harga yang paling murah dari variasi ketiga penyedia makanan tersebut.

Sistem transaksi yang diusung mudah

Ketika ada sebuah perusahaan penyedia jasa makanan berniat merambah pangsa pasar yang lebih luas, hal tersebut tak lepas dari sistem transaksi yang diusung. Semakin mudah sistem transaksi yang diusung maka penggemar dari website penyedia jasa makanan tersebut akan semakin banyak. sebagai contoh ketika ada seorang pengusaha di bidang katering makanan beku seperti chicken drumstick, siomay beku, atau makanan lainnya yang tidak mempedulikan berapapun jumlah pesanan dari pelanggannya namun tetap melayani pengirimannya dengan senang hati. Begitupula dengan sistem pembayarannya yang hanya menggunakan sistem transfer atm. Kemudahan yang ditawarkan akan membuat pelanggan yang puas akan pelayanan makanan katering semakin tidak ingin pindah ke lain hati.