Peluang Bisnis Makanan dengan Modal Kecil

By on July 21, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 778 kali

Inspirasi Bisnis – Saat ini banyak sekali peluang bisnis makanan yang menjanjikan. Bahkan dengan modal kecil usaha sudah bisa berjalan. Kenapa makanan? Karena makanan merupakan kebutuhan bagi setiap orang. Semua orang membutuhkan makanan. Oleh karena itu bisnis ini mempunyai peluang yang cukup besar.

Masyarakat Indonesia sendiri terkenal konsumtif, apalagi soal makanan. Ada banyak sekali jenis makanan di Indonesia, mulai dari makanan ringan sampai makanan utama. Bisnis makanan mempunyai peluang pasar yang cukup besar, setiap tahunnya permintaan akan makanan terus meningkat. Salah satu hal penting yang harus dimiliki seorang pengusaha adalah bagaimana dia bisa melihat peluang bisnis yang cukup besar dan dalam prospek jangka panjang.

Banyak sekali pengusaha makanan/kuliner di Indonesia, mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Bahkan dengan adanya teknologi canggih seperti sekarang ini membuat banyak pengusaha makanan terus bermunculan. Oleh karena itu dibutuhkan inovasi dan kreativitas untuk membuat hal yang baru dan berbeda dari pengusaha makanan yang lainnya.

Untuk memulai bisnis makanan tidak dibutuhkan keahlian khusus. Semua orang bisa melakukan bisnis yang satu ini, asalkan mau belajar dan bekerja keras. Jika Anda ingin memanfaatkan peluang bisnis makanan yang cukup menjanjikan ini, sebaiknya Anda mempersiapkan dengan baik jenis makanan apa yang akan Anda jual nanti, bagaimana cara mengolahnya dan merancang strategi pemasaran Anda.

Berikut ini beberapa jenis usaha makanan yang bisa Anda jalankan dengan modal yang kecil:

1. Makanan Ringan / Snack

Hampir semua orang menyukai makanan ringan, banyak sekali makanan ringan yang sangat terkenal. Meskipun sudah banyak pebisnis yang memulai usaha makanan ringan, namun permintaan akan terus meningkat. Anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak yang memulai bisnis ini. Disinilah pentingnya strategi pemasaran yang matang. Anda bisa memberikan pelayanan yang berbeda atau memberikan harga yang lebih murah untuk bisa menarik hati pelanggan.

Ada beberapa usaha bisnis makanan ringan yang menjanjikan, diantaranya:
·  Bisnis gorengan. Bisnis gorengan memiliki target pasar yang besar karena peminatnya yang sangat banyak. Hampir semua penjual gorengan tidak pernah sepi pelanggan. Untuk mencuri hati pelanggan, Anda bisa menjual gorengan dengan pelayanan yang berbeda. Contohnya dengan memberikan kemasan yang menarik, karena kebanyakan penjual gorengan hanya memberikan kemasan yang standar. Selain menarik, gorengan juga akan terlihat lebih higienis.
·  Bisnis keripik. Keripik merupakan camilan keluarga. Banyak sekali makanan di sekitar kita yang bisa dijadikan keripik, diantaranya adalah pisang, singkong dan kentang. Bahan-bahan tersebut mudah sekali diperoleh dan tidak membutuhkan biaya yang besar.
·  Bisnis kue. Kue akan lebih laris pada event-event tertentu, contohnya adalah pada saat menjelang lebaran. Anda bisa memilih untuk berbisnis kue kering atau kue basah. Selain itu Anda juga harus menyesuaikan target pasar Anda. Bisnis kue kering akan menjangkau target pasar yang cukup luas karena bisa bertahan lama.

2. Membuka Warung Makan atau Restaurant

Jika rumah Anda berada di dekat kantor, sekolah atau kampus bisnis ini akan memberikan peluang besar bagi Anda. Bagaimana tidak, pada saat jam makan siang di sekitar tempat tersebut akan ramai sekali dengan orang-orang yang mencari makan. Agar bisa menarik pelanggan, tawarkan makanan yang enak, lezat, bergizi namun tetap murah. Selain itu buat tempat Anda senyaman mungkin agar mereka mau makan di tempat Anda dan kembali lagi nantinya.
Bisnis makanan juga dapat dilakukan secara online. Dengan begitu target pasar Anda akan semakin luas dan mendatangkan lebih banyak pelanggan. Itulah beberapa peluang bisnis makanan yang ada di sekitar kita. Semoga informasi tersebut dapat menjadi inspirasi bagi Anda untuk berbisnis.