Peluang Bisnis Cuci Motor dan Mobil yang Menjanjikan

By on October 2, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 620 kali

Inspirasi Bisnis – Saat ini memiliki sepeda motor dan mobil menjadi kendaraan yang paling banyak diminati. Banyak orang yang merasa lebih nyaman untuk mengendarai mobil atau motor untuk melakukan berbagai aktifitas seperti kuliah, bekerja atau sekedar jalan-jalan. Namun ketika pemilik motor dan mobil merasa sangat sibuk maka mereka juga tidak bisa membersihkan kendaraan. Sementara kendaraan yang bersih akan memberikan rasa percaya diri ketika digunakan. Jika Anda melihat peluang ini maka salah satu ide bisnis yang bisa Anda kembangkan adalah jasa cuci motor dan mobil. Bisnis ini akan terus berkembang selama banyak orang masih memakai motor dan mobil. Berikut ini beberapa analisa yang harus Anda lakukan sebelum memulai bisnis ini.

Tahap Awal Memulai Bisnis

Sebelum Anda benar-benar ingin membangun bisnis cuci motor dan mobil maka hal pertama yang perlu Anda pikirkan adalah pengetahuan tentang jasa cuci motor dan mobil. Anda bisa memutuskan sesuai dengan skala bisnis yang ingin didapatkan. Misalnya jika Anda tidak ingin memakai tenaga kerja dan Anda ingin melakukan sendiri maka pertimbangkan standar untuk kebersihan mobil dan motor. Apa saja perlengkapan yang diperlukan untuk membersihkan motor dan mobil. Jika Anda ingin memakai jasa tenaga kerja maka Anda harus menemukan orang yang benar-benar tahu cara mencuci motor dan mobil. Langkah ini dipikirkan sejak awal untuk mengantisipasi masalah konsumen yang kecewa karena motor dan mobilnya memiliki bekas goresan saat dicuci di tempat Anda.

Skala Modal yang Diperlukan

Tahap kedua yang perlu Anda pikirkan adalah mengenai jumlah modal dan sumber modal yang dibutuhkan. Anda memerlukan modal untuk beberapa alokasi seperti:

– Sewa tempat sesuai dengan kapasitas mobil dan motor yang menjadi target bisnis Anda. (misalnya jika target Anda sekitar 3 atau 4 motot dan mobil maka membutuhkan setidaknya 16 meter persegi. Selain itu Anda harus memilih tempat strategis yang mudah dijangkau konsumen.
– Jumlah modal yang diperlukan untuk sewa tempat, pembelian berbagai perlengkapan (seperti : peralatan cuci, sabun, sampoo, kain lap, sikat, pembersih mobil, pewangi, kompresor, pompa air dan berbagai perlengkapan lain).
– Modal untuk membayar gaji karyawan sesuai dengan kebutuhan. Perhitungan dengan estimasi target mobil dan motor dalam sehari sehingga tenaga Anda bisa menjalankan pekerjaan dengan baik.

Resiko Bisnis Cuci Motor dan Mobil

Resiko bisnis untuk cuci motor dan mobil memang selalu ada, meskipun usaha ini memang terlihat sangat menjanjikan. Beberapa resiko yang paling terlihat dari bisnis ini adalah pesaing yang sangat besar jumlahnya dan mereka menawarkan berbagai program yang cukup menggiurkan konsumen, jika musim kemarau maka jarang konsumen serta tenaga kerja yang jarang bisa bertahan lama.

Langkah Penting untuk Menjalankan Bisnis

Ada berbagai hal yang bisa Anda lakukan untuk bisa sukses dalam menjalankan bisnis cuci motor dan mobil. Berikut ini adalah beberapa gambaran langkah bisnis yang bisa Anda lakukan.

– Usahakan untuk mendapatkan sewa tempat yang benar-benar bisa dijangkau konsumen sesuai dengan pelayanan Anda. Anda bisa menyewa tempat diswalayan jika memang ingin menjangkau konsumen di tempat ini. Namun Anda juga bisa menyewa tempat di tepi jalan raya yang ramai.
– Pastikan bahwa tenaga kerja yang Anda miliki benar-benar memiliki kemampuan untuk mengendari kendaraan termasuk motor dan mobil, mengerti bagian yang harus dibersihkan dan bisa memperlakukan motor dan mobil sesuai dengan standar keamanan.