Pelaku Pasar Cemas Akan QE, Emas & Perak Dijual

By on May 22, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,138 kali
investasi emas

Pelaku Pasar Cemas Akan QE, Emas & Perak Dijual

Harga kontrak emas dan perak ditransaksikan merosot pada transaksi tadi malam (21/5) di New York. Dalam situs Bloomberg disebutkan, pada pukul 13.43, harga kontrak emas untuk pengantaran Juni turun 0,5% menjadi US$ 1.377,60 per troy ounce di Comex, New York.

Pada Senin (20/5), harga emas rebound setelah menyentuh posisi US$ 1.336,30 per troy ounce, yang merupakan level terendah sejak 18 April lalu untuk kontrak emas teraktif diperdagangkan.

Penurunan juga dialami oleh komoditas perak. Asal tahu saja, harga kontrak perak untuk pengantaran Juli turun 0,6% menjadi US$ 22,455 per troy ounce di Comex, New York. Sehari sebelumnya, harga perak menyentuh posisi US$ 20,25 per troy ounce. Ini merupakan level terendah sejak 14 April 2010.

Penurunan harga dua komoditas ini terjadi seiring spekulasi pelaku pasar bahwa the Federal Reserve akan segera menghentikan program quantitative easing. Kondisi ini nantinya akan menyebabkan tingkat permintaan komoditas emas dan perak sebagai lindung nilai akan menurun.

Sekadar informasi, Pimpinan the Fed Ben S Bernanke akan mendiskusikan mengenai outlook perekonomian AS pada testimoni di hadapan Kongres. Bank sentral akan mempublikasikan hasil rekapan pertemuan terakhir bulan lalu yang dijadwalkan hari ini (22/5).

“Hasil rekapan pertemuan the Fed yang dirilis besok (hari ini) sangat penting karena ada sejumlah kecemasan bahwa the Fed akan menghentikan stimulus,” jelas Michael Smith, president T&K Futures & Options di Port St. Lucie, Florida. (Barratut Taqiyyah, Kontan)