Pelajari Cara Kerja Reksadana Saham Untuk Kelancaran Investasi

By on March 8, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 303 kali

Investasi Saham – Pelajari cara kerja reksadana saham bagi anda yang akan memilih jenis reksadana saham sebagai pilihan investasi anda. Semakin dalam pemahaman masyarakat akan pentingnya investasi tentunya mengharuskan mengetahui tentang investasi itu sendiri. Mengetahui tentang investasi reksadana yang telah menjdi jenis investasi yang popluer dan banyak di minati sangat penting agar dengan pengetahuan tersebut menjadi lebih sadar bagaimana investasi tersebut berlangsung sehingga dapat menghindari penipuan.

Reksadana sendiri merupakan tempat untuk mengelola dana. Dana tersebut dikelola oleh suatu perusahaan manajemen investasti. Manajer investasi yang akan mengatur dan mengurus investasi anda nantinya. Dana yang terkumpul tersebut akan di kekola oleh manajer investasi ke dalam portofolio efek. Portofolio efek tersebut berupa kumpulan dokumen-dokumen, surat-surat yang berharga seperti saham, obligasi, dan sebagainya. Pemilihannya ditentukan bersama dengan manajer investasi. Maka dari itu, sebaiknya anda pelajari cara kerja reksadana saham.

Urutan kerja secara garis besar

Salah satu bentuk reksadana yang diminati ialah reksadana saham. Untuk reksadana saham, dana investor biasanya ditanamkan tidak hanya di satu perusahaan, namun di beberapa bahkan berbagai perusahaan. Hal itu tentunya akan menguntungkan anda pemegang investasi reksadana saham. Mengapa demikian? Karena harga saham selalu tidak sama dan bisa saja turun naik tanpa di duga. Apabila anda menanamkan dana pada lebih dari satu perusahaan, maka itu akan meminimalisir resiko karena bisa saja pada saat salah satu harga saham satu perusahaan yang anda investasi dana turun, ada perusahaan lain yang sama dipilih investasi dana mengalami kenaikan saham. Dengan begitu anda tidak akan mengalami banyak kerugian karena masih memiliki perusahaan dengan harga saham yang naik. Untuk cara kerja reskdana secara garis besar ialah:

  • Pertama manajer investasi yang telah anda pilih sebelumnya akan akan menghimpun dana yang berasal dari nasabah
  • Kemudian, setelah dana terkumpul, manajer investasi akan menginvestasikan seluruh dana yang telah terkumpul ke berbagai investasti reksadana yang sebelumnya telah disepakati bersama nasabah atau kliennya.
  • Setelah dilakukan investasti, maka aka nada laporan menngenai investasi yang telah dilakukan tersebut yang dilaporkan secara berkala oleh manajer investasi berupa komposisi asset, kinerja produk, dan portofolio efek.
    Begitulah garis besar cara kerja reksadana yang sebaiknya anda pahami.

Hal yang perlu dipahami

Selain memahami cara kerja reksadana secara garis besar, bagi anda yang memilih investasi reksadana saham sebaiknya memeperhatikan ketiga hal berikut.

  • Perbandingan
    Hal pertama yang harus anda pahami saat berinvestasi reksadana saham ialah prospektus atau dokumen tentang informasi yang didalamnya terdapat informasi tentang rencana yang akan dilakukan untuk pengembangan suatu perusahaan dan juga penawaran perusahaan mengenai penjualan saham. Prospektif ini lah yang harus anda bandingkan dalam melakukan investasi reksadana saham.
  • Pergerakan
    Selanjutnya ialah pergerakan. Pergerakan apa yang harus anda cermati dan pahami? Ialah pergerakan ekonomi karena tentunya ini akan memperngaruhi harga saham nantinya. Prediksikan pergerakan ekonomi yang akan terjadi pada masa yang akan datang.
  • Performa
    Dan yang terakhir ialah anda harus memperhatikan performa dari reksadana pada periode sebelumnya. Yang harus ana perhatikan ialah performanya konsisten atau berubah-ubah naik turun di indeks pasar, atau harga saham. Jadi anda harus selalu mengikuti perkembangan bursa efek.

Saat anda akan memutuskan untuk mengikuti investasi reksadana saham mak penting bagi anda untuk pelajari cara kerja reksadana saham.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty