Panduan Tepat Memulai Investasi Reksadana

By on August 10, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 302 kali

Investasi Reksadana – Meningkatnya pengetahuan dari masyarakat indonesia mengenai investasi seringkali memunculkan pertanyaan mengenai panduan berinvestasi reksadana yang tepat untuk dilakukan. Reksadana memang dikenal oleh masyarakat sebagai bentuk investasi yang menguntungkan apalagi jika hal ini dibandingkan dengan bentuk tabungan atau bahkan deposito yang Andasimpan dalam rekening. Karena dengan melakukan investasi pada reksadana, yang Anda lakukan dengan cara berkala, maka uang yang Anda miliki pun akan lebih cepat mengalami pertumbuhannya.

Apa itu yang dimaksud dengan reksadana?

Pada dasarnya reksadana ini adalah bentuk investasi yang berkaitan dengan pembelian saham atau pun obligasi, dan juga berbagai macam bentuk instrumen keuangan lainnya yang seringkali digunakan dalam dunia investasi.

Dengan kata lain ketika Anda ingin membeli saham namun harganya yang terlalu tinggi tidak mampu Anda penuhi, maka Anda memulainya dengan melakukan investasi melalui reksadana tersebut. karena melalui reksadana itu sudah sama artinya dengan Anda membeli sebagian saham tersebut.

Selain bentuk keuntungan tersebut yang bisa Anda dapatkan melalui reksadana, Anda jugatidak perlu merasa khawatir atau pun kebingungan dalam mengelola jenis investasi yang satu ini, karena Anda cukup menyerahkannya pada menager keuangan yang Anda miliki untuk membantu Anda dalam mengurus investasi tersebut. Dalam melakukan investasi yang satu ini hal terpenting yang harus Anda perhatikan adalah bagian dari panduan berinvestasi reksadana saja, yang mana diantaranya terdapat beberapa bentuk langkah yang bisa Anda konsultasikan dengan manajer keuangan tersebut, diantaranya :

Pencarian informasi mengenai reksadana dan juga jenis-jenisnya

Hal pertama yang sangat penting untuk Anda lakukan sebelum melakukan jenis investasi yang satu ini adalah pencarian beberapa bentuk informasi terkait mengenai investasi itu sendiri. Jenis investasi reksadana ini terbagi menjadi beberapa bentuk program atau lebih dikenal dengan pembagian jenis yang membedakan antara satu dengan lainnya. Perbedaan tersebut timbul pada tingkat keuntungan, kerugian, dan juga jangkauan waktu yang bisa digunakannya.

Penentuan jenis reksadana

Jenis investasi reksadana pada dasarnya dapat dibagi menjadi beberapa macam, ada yang memiliki bentuk keuntungan kecil tetapi lebih aman, dan ada juga jenis investasi reksadana yang memiliki keuntungan besar, namun resiko yang dimilikinya pun ikut besar pula. Oleh karena itu tentukanlah terlebih dahulu mengenai jenis investasi reksadana mana yang lebih cocok  dengan yang ingin Anda dapatkan. Apabila Anda ingin tingkat keamanan yang lebih kuat meskipun  memiliki keuntungan terbatas, maka pilihlah jenis reksadana pasar. Namun jika Anda ingin mendapatkan keuntung besar dan juga merasa sanggup untuk menaggung resiko yang mungkin terjadi, maka cobalah untuk memilih reksadana campuran

Informasi pembelian dan penjuualan

Setelah memilih jenis investasi reksadana mana yang sekiranya cocok dengan diri Anda, maka hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mencari informasi yang berkaitan dengan penjual dari investasi reksadana tersebut. Setelah Anda mendapatkan informasi terkait itu, cobalah untuk menghubungi pihak penjual tersebut dan tanyakan mengenai beberapa hal detail tentang cara penjualan, dan juga berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk membeli investasi reksadana itu.

Pembelian reksadana dan tips menjaga keuangannya

Setelah bertanya menganai beberapa hal dari informasi detail yang Anda butuhkan, maka hal selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah membeli investasi tersebut. Setelah itu, barulah Anda dapat menggunakan investasi yang satu ini, dan dalam pelaksanaannya jangan lupa untuk menyisihkan sebanyak 20% dari uang penghasilan Anda untuk membeli investasi pada reksadana tersebut yang bisa dilakukan setiap bulannya secara berjangka dan teratur.
Demikianlah beberapa tahapan langkah yang bisa Anda lakukan dan juga konsultasikan dengan manajer keuangan Anda dalam panduan berinvestasi reksadana  yang tepat untuk dilakukan.