Panduan Investasi Reksadana Aman Dan Menguntungkan

By on September 27, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 3,499 kali
Investasi Reksadana

Panduan Investasi Reksadana Aman Dan Menguntungkan

Investasi mungkin adalah solusi yang diandalkan saat ini untuk mendapatkan penghasilan tambahan atau bahkan penghasilan utama, dibandingkan harus bekerja sambilan. Dengan berinvestasi, uang yang kita investasikan akan terkelola dan akhirnya memberikan timbal balik dengan jangka waktu sesuai dengan kebutuhan. Salah satu dari sarana investasi yang mudah dilakukan adalah investasi Reksadana.

Bagi pemula yang belum tahu banyak dengan investasi ini, intinya jika Anda berinvestasi di reksadana maka orang yang disebut dengan Manajer Investasi akan mengelola dana yang Anda berikan. Kemudian, hasilnya nanti akan dibagi sesuai dengan jumlah kepemilikan atau presentase yang sudah disepakati.

Sebagai investor pemula, nampaknya Anda harus mengerti dahulu sistem yang ada pada Reksadana ini. Untuk itu, cobalah simak panduan investasi Reksadana aman dan menguntungkan berikut ini.

1. Menentukan Jenis Investasi

Tiap-tiap jenis investasi di Reksadana memiliki berbagai resiko dan persentase timbal balik yamg berbeda-beda. Anda mungkin cocok dengan Reksadana Pasar Uang, jika Anda menginginkan investasi selama 1-3 tahun dengan resiko yang rendah. Namun jika Anda mengincar return yang besar dan investasi jangka panjang hingga lebih dari 10 tahun, sebaiknya pilihlah Reksadana Campuran. Namun, jenis investasi Reksadana yang satu ini memiliki resiko yang lebih tinggi.

2. Memilih Produk Reksadana

Daftar-daftar Reksadana yang sesuai dengan jenis Reksadana yang Anda pilih dapat Anda lihat di www.infovesta.com. Lalu, bagaimana cara memilih produk investasi Reksadana aman dan menguntungkan. Carilah produk yang memiliki keuntungan selama 3 tahun. Contohnya saja produk Reksadana A memiliki untung 30% di tahun ini, lalu tahun lalu keuntungannya 15%, dan dua tahun sebelumnya memiliki keuntungan 10%. Kemudian bandingkan dengan produk Reksadana B yang tahun ini untuk 50%, namun tahun lalu merugi sebanyak 10% dan dua tahun sebelumnya juga merugi hingga 30%. Tentunyanya produk Reksadana A yang konsisten dan harus Anda pilih.

3. Mencari Informasi Lengkap

Carilah selengkap-lengkapnya informasi mengenai produk investasi Reksadana yang menarik perhatian Anda, seperti biaya yang diperlukan dan yang lainnya.

4. Pembelian

Anda dapat membeli produk Reksadana yang Anda inginkan, setelah dana yang Anda sediakan dirasa cukup dan beberapa informasi lainnya cocok dengan apa yang Anda inginkan.

Jangan pernah lupa untuk selalu waspada, jika ingin investasi Reksadana yang Anda miliki tetap aman dan menguntungkan. Tidak hanya bisnis, investasi pun memiliki banyak resiko. Lalu ketika bertanya apakah investasi Reksadana aman atau tidak? Dapat dibilang investasi di Reksadana ini cukup terpercaya dan juga mudah dijalankan. Jalani dengan niat, semangat dan juga keikhlasan agar investasi Reksadana Anda aman serta bermanfaat bagi Anda sendiri nantinya.