Pahami Pengertian Pasar Modal

By on February 17, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 276 kali
Pasar Modal

Edukasi – Pengertian pasar modal terkait terkait dengan keberlangsungan transaksi jual beli keuangan jangka panjang dalam instrument seperti surat utang, ekuiti (saham), reksa dana, serta instrumen derivatif dan berbagai instrumen lainnya. Pasar modal itu sendiri berfungsi sarana pembiayaan bagi suatu badan usaha serta sebagai sarana investasi individu dan perorangan. Melihat fungsi-fungsi tersebut, peran pasar modal sangat penting bagi perekonomian sebuah negara.

Hampir sebagian besar masyarakat menengah ke atas dewasa ini telah melibatkan diri dalam transaksi di pasar modal. Pasar modal dipandang penting dimana terdapat varian investasi yang dapat kita pilih sesuai cash flow. Karena dana di pasar modal bersumber baik dari perorangan maupun institusi, maka orang atau badan yang terlibat di dalamnya akan dapat memanfaatkan modal tersebut sewaktu-waktu untuk membangun usaha, sebagai modal perusahaan, ekspansi bisnis dan lain sebagainya.

Varian investasi di pasar modal memiliki tingkat resiko dan keuntungan berbeda-beda. Oleh karena itu itu, sebelum terjun bertransaksi di pasar modal, kita harus memiliki pengetahuan mengenai transaksi utamanya dalam menggunakan instrumen-instrumen pasar modal. Yang paling utama adalah penyesuaian terhadap cash flow individu atau perusahaan sehingga dapat menghadapi resiko dan keuntungan dalam kegiatan investasinya tersebut.

Manfaat pasar modal

Dalam transaksi pasar modal dikenal dua istilah bagi pihak yang terlibat, yakni pemodal dan emiten. Pemodal merupakan sumber dana, sedangkan emiten merupakan penerbit produk investasi. Pemodal dan emiten memanfaatkan pasar modal untuk melakukan transaksi investasi. Secara umum, aktivitas pemodal dan emiten mendorong munculnya manfaat dari keberadaan pasar modal diantaranya:

  1. Sebagai sumber dana bagi individu atau dunia usaha
  2. Fungsi diversifikasi atau keankaragaman usaha bagi para investor untuk menghindari ketergantungan terhadap satu jenis usaha. Para investor di sini tentu saja memiliki perhitungan sebagai dasar pertimbangan resiko dan keuntungan.
  3. Mendorong tumbuhnya sector usaha dari setiap kalangan serta sebagai basis pengelolaan keuangan.
  4. Sebagai penentu harga dalam bursa sejenis
  5. Berkurangnya ketergantungan emiten terhadap perbankan. Bunga bank akan menjadi beban tersendiri, sehingga pilihan terhadap investor di pasar modal memungkinkan stabilitas neraca keuangan perusahan.

Jenis Pasar Modal

Dalam menjalankan fungsinya, pasar modal terdiri dari tiga jenis diantaranya:

  1. Pasar modal perdana adalah penjualan efek secara perdana oleh perusahaan penerbit persis sebelum efek itu ditawarkan ke bursa efek. Di sini efek dijual dengan ketentuan harga emisi, sehingga perusahaan penerbit emisi hanya memperoleh sejumlah dana dari penjualan perdana itu.
  2. Pasar modal sekunder adalah penjualan efek persis setelah berakhirnya penjualan pada pasar perdana. Di sini harga efek ditentukan sesuai kurs efek tersebut. Kondisi permintaan dan penawaran akan sangat mempengaruhi naik turunnya kurs suatu. Efek dapat terjual di bursa efek bila memenuhi syarat listing.
  3. Bursa paralel disebut sebagai pelengkap bursa efek yang ada. Bursa paralel  merupakan inisiatif Persatuan Perdagangan Uang dan Efek-efek (PPUE) yang ditujukan bagi perusahaan penerbit efek yang memilih bursa alternatif.

Pelaku Pasar Modal

Berdasarkan peraturan pasar modal terdapat tiga pihak utama dalam transaksi pasar modal diantaranya:

  1. Pemodal adalah pihak yang memiliki modal untuk investasi dengan membeli surat-surat berharga yang ditawarkan emiten. Pemodal yang meminjamkan uang kepada emiten dapat memperoleh dividen.
  2. Emiten adalah pihak yang diberi pinjaman modal oleh investor, selanjutnya melakukan emisi yakni menawarkan surat berharga untuk dijual. Emiten biasanya merupakan perusahaan yang membutuhkan modal untuk operasionalisasi atau ekspansi.
  3. Perusahaan efek adalah perusahaan yang secara hukum diberi izin Bapepam (Badan Pengawas Pasar Modal) untuk menjalankan kegiatan yang dipercayakan padanya yakni sebagai perantara perdagangan surat berharga, penjamin emisi efek, manajer  dan penasihat investasi.

Dengan adanya pelaku, tempat dan perizinan yang jelas maka pasar modal dapat aktif dan menunjang perekonomian. Hal-hal itu merupakan cakupan penting yang perlu dipahami masyarakat terkait pengertian pasar modal.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty