Outlook Emas dan Perak Minggu Ini

By on August 6, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 1,885 kali
Logam Mulia

Outlook Emas dan Perak Minggu Ini

Harga emas turun 0.86% minggu yang lalu, terlebih lagi, harga rata-rata mencapai $1,317.20 per Troy onz yang adalah 0.82% dibawah rata-rata minggu yang lalu. Sebaliknya harga perak mengalami sedikit kenaikan 0.76%; meskipun harga rata-rata adalah $19.74 per troy onz yang adalah 1.96% dibawah tingkat rata-rata minggu yang lalu.

Akankah emas dan perak melanjutkan menyelesaikan trend penurunan mereka minggu ini?

Berikut ini adalah outlook singkat minggu ini yang mencakup analisa fundamental dari event-event utama, keputusan-keputusan dan laporan-laporan yang bisa mempengaruhi pasar metal berharga:

Volatilitas dari harga-harga metal berharga tetap rendah pada minggu yang lalu dengan pasar keuangan menerima signal bercampur dari ekonomi AS yang memberikan kontribusi pada ketidak jelasan trend dari metal berharga. Untuk minggu ini mari kita pilah laporan-laporan yang akan datang menurut wilayahnya:

Amerika Serikat

Tiga laporan utama yang akan datang minggu ini adalah: Non – Manufacturing PMI, Trade Balance, dan klaim pengangguran. Minggu lalu, meeting FOMC tidak memberikan sesuatu pandangan yang baru mengenai gerakan FOMC berikutnya. Spekulasi mengenai apakah FOMC akan mengurangi QE3 di meeting berikutnya akan tetap tinggi. Sampai keputusan dibuat, progress dari ekonomi AS bisa mempengaruhi anggota FOMC, yang juga akan mempengaruhi arah harga dari metal berharga ini. Jika laporan yang akan datang menunjukkan tanda-tanda kemajuan, mereka akan menarik turun harga dari emas dan perak.

Cina

Di Cina, beberapa laporan akan di publikasikan minggu depan termasuk: Neraca Perdagangan, CPI, Pinjaman Baru, dan produksi industry. Cina adalah diantara negara pengimpor komoditi utama seperti emas dan minyak. Jika ekonomi Cina menunjukan tanda-tanda kemajuan, hal itu akan menandakan permintaan akan emas akan tetap naik. Karenanya jika laporan yang akan datang menunjukkan tanda kemajuan mereka akan membantu menaikkan harga emas dan perak.

Eropa

ECB tidak mengubah kebijakannay dan Euro tetap hampir-hampir tidak bergerak selama minggu yang lalu terhadap USD. Jika euro melanjutkan trend penurunannya, hal itu akan memberikan efek yang negatif terhadap harga metal berharga yang cenderung memiliki hubungan yang kuat dengan euro. Beberapa report akan muncul termasuk: Produksi Industri Perancis dan Jerman, dan bulletin bulanan ECB. Laporan ini bisa mempengaruhi Euro, yang cenderung memiliki korelasi positip terhadap harga metal berharga.

Australia, Jepang dan Kanada

Ketiga negara ini di satukan karena hubungan mereka dengan emas dan perak adalah melalui mata uang mereka masing-masing. Mata uang Australia tumbang minggu lalu mungkin karena antisipasi keputusan mengenai tingkat bunga, dimana umumnya memperkirakan RBA akan memotong tingkat bunganya ke 2.5%. Jika keputusan ini menjadi kenyataan, hal ini akan membuat Aussie tetap lemah, yang bisa mempengaruhi harga bullion secara negatif. Di Jepang, meeting kebijakan moneter juga bisa mempengaruhi yen, jika BoJ memutuskan mengubah kebijakannya. Di Kanada, beberapa laporan akan keluar termasuk neraca perdagangan dan Ivey PMI. Laporan-laporan ini juga bisa mempengaruhi dolar Kanada.

Pada akhirnya, meskipun recovery dari harga emas pada bulan lalu, hal itu tidak mengangkat pemegang emas dari SPDR gold trust ETF yang terus jatuh. Jika pemegang emas ETF tetap jatuh, hal ini mengindikasikan permintaan untuk emas sebagai investasi akan berkurang lebih jauh.

Perkiraannya adalah emas dan perak tidak akan bergerak banyak minggu ini dan kemungkinan akan melanjutkan menyelesaikan penurunannya yang lambat.

(Mindo Sianipar, Vibiznews)