Negara Mana Yang Merupakan Surga Start Up? Apakah Indonesia Termasuk?

By on August 25, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 305 kali

Start-Up Bisnis – Sampai saat ini bisnis startup sudah semakin berkembang di berbagai negara di dunia, namun ada beberapa negara yang merupakan surga startup . Jika berfikir mengenai negara mana saja yang menjadi surga startup, pasti akan terpikir berbagai kota di negara maju seperti New York dan London. Namun seiring berkembangnya zaman ternyata negara berkembang juga memiliki potensi untuk menjadi lahan bisnis startup yang menjanjikan.

Berikut ini informasi mengenai kota-kota di negara berkembang yang merupakan surga startup masa depan karena memiliki potensi yang sangat menjanjikan.

1. Madellin, Kolombia

Madellin merupakan kota terbesar kedua di Kolombia dan juga menjadi ibukota budaya Kolombia. Dalam 20 tahun terakhir kota ini berkembang dan telah menunjukkan perubahan yang drastis. Perkembangan kota ini bisa dilihat dari serangkaian alat transportasi yang mulai dibangun untuk menghubungkan pusat kota dengan kota-kota disekitarnya. Selain itu tempat-tempat umum untuk membuat nyaman penduduknya seperti taman kota, sekolah, museum, serta perpustakaan umum juga sudah mulai dibangun.

Bahkan perusahaan-perusahaan yang ada di Madellin telah menyumbang sebanyak 7% dari produk domestik bruto (PDB) Kolombia. Madellin bisa menjadi surga startup dimasa depan karena wirausaha mendapatkan dukungan penuh untuk menemukan bisnis startup mereka. Dukungan tersebut diberikan karena bisnis startup dinilai bisa membantu pertumbuhan ekonomi di kota tersebut.

2. Amman, Yordania

Amman merupakan kota yang memimpin startup hub di Yordania. Pemerintah Yordania telah melakukan berbagai upaya untuk menjadikan Amman sebagai kota yang tepat untuk menjalankan bisnis. Berbagai upaya tersebut dilakukan dengan membangun infrastruktur yang bisa menciptakan keharmonisan antara sumber daya alam dengan sumber daya manusia. Dari upaya tersebut, akhirnya menghasilkan koneksi internet terbaik dan membuat universitas berkualitas melahirkan para pengusaha muda dan berbakat. Dengan menjalankan bisnis startup, para wanita Yordania berkesempatan untuk mendapatkan pekerjaan.

3. Jakarta, Indonesia

Jakarta, yang merupakan ibukota Indonesia juga dikenal sebagai kota yang memiliki potensi menjanjikan untuk bisnis startup. Perkembangan Jakarta bisa dilihat dari banyaknya gedung pencakar langit yang bermunculan. Bahkan banyak orang kelas menengah yang pindah ke kota terbesar di Indonesia ini untuk berbisnis. Saat ini permintaan jasa online juga semakin besar serta didukung oleh koneksi internet yang berkualitas. Hal ini memberikan banyak kesempatan dan peluang bisnis baru, sehingga memunculkan banyak founder-founder baru pula. Banyak startup yang semakin bermunculan di Jakarta, seperti e-commerce, travel dan startup dalam bidang gaya hidup.

4. Lahore, Pakistan

Tiga kota utama di Pakistan, yaitu Lahore, Karachi dan Islamabad telah berubah menjadi rumah bagi startup baru. Terutama Lahore yang merupakan ibukota Pakistan menjadi lahan yang cukup potensial bagi startup karena sudah dilengkapi oleh banyak infrastruktur seperti universitas, area industri, dan juga bandara.

Dengan pengembangan kota yang baik, hal ini menciptakan pasar dinamis bagi startup. Perkembangan startup tersebut juga didukung oleh ide-ide menarik yang muncul dari para founder-founder muda.

Lahore merupakan kota yang berpotensi sebagai kota startup hub paling inovatif di dunia. Hal ini bisa terjadi karena dua per tiga dari populasi di wilayah tersebut berusia dibawah 30 tahun, dan mereka mendapat dukungan penuh dari pemerintah untuk menjalankan bisnis startup mereka.

Potensi Lahore sebagai kota startup bisa dilihat dari kemampuan wilayah tersebut untuk menarik perhatian perusahaan besar seperti Microsoft dengan mengadakan Windows phone hackathon di kota ini beberapa tahun lalu.
Itulah beberapa kota di negara berkembang yang berpotensi menjadi surga startup.