Metode Dropshipping Meningkatkan Profit

By on April 28, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 3,214 kali

Start-Up Bisnis – Anda ingin meningkatkan penghasilan Anda dengan menjual produk orang lain namun Anda tidak memiliki uang untuk stok persediaan.

Di sisi lain, mungkin Anda memiliki banyak produk Anda sendiri dan ingin meningkatkan penjualan Anda, namun Anda tidak memiliki banyak uang untuk biaya iklan.

Solusi untuk kedua masalah tersebut mungkin terletak pada dropshipping.

1. Jual Produk Yang Tidak Anda Miliki Sendiri

Anda ingin menjual berbagai macam produk namun Anda tidak memiliki banyak uang. Jangan khawatir! Pelanggan Anda akan menyediakan Anda dengan modal yang diperlukan. Anda tak memiliki persediaan stok. Anda bisa melakukan dropshipping untuk setiap order.

Misalnya, Anda menerima pesanan lewat kartu kredit untuk produk ritel senilai dua ratus ribu rupiah ditambah dua puluh ribu rupiah biaya pengiriman. Sekarang Anda tinggal mengirim fax (atau e-mail atau telepon atau sms atau YM atau Skype atau BBM, WA….duh banyak khan caranya!?) pesanan Anda ke pemasok dropship Anda. Anda membayar biaya produk seratus dua puluh ribu rupiah ditambah dua puluh ribu rupiah biaya pengiriman menggunakan kartu kredit Anda sendiri. Lumayan Bo, untung Rp. 80.000,00 potong biaya order dan potong admin dari kartu kredit. (Itu baru satu order. Coba kalau sehari melayani 20 order saja, sudah bisa menjadi tulang opung eh tulang punggung satu RT tuh!). Pemasok dropship Anda selanjutnya mengirimkan barang  untuk pelanggan Anda. Tanpa investasi dalam persediaan, laba kotor Anda sama yaitu Rp. 80.000,00.

2. Jual Produk Yang Anda Miliki

Apakah Anda ingin lebih banyak penjualan dari produk Anda sendiri? Pertimbangkan dropship produk Anda untuk reseller lainnya.

Sebagai contoh, Anda mungkin memiliki produk yang dijual seharga duaratus ribu rupiah  ditambah biaya pengiriman. Setiap kali Anda menjual produk hasil pemasaran sendiri, Anda akan memiliki penjualan dua ratus ribu rupiah. Namun, berapa banyak penjualan dua ratus ribu rupiah  yang dapat Anda hasilkan secara pribadi?

Sekarang pertimbangkan situasi di mana Anda menawarkan reseller Anda harga grosir dengan potongan harga hingga 60%. Anda dapat dengan mudah mendapatkan ratusan atau ribuan orang menjual untuk Anda.

Memang benar bahwa setiap penjualan produk sekarang hanya memberikan Anda keuntungan lebih sedikit dalam penjualan. Namun, ini adalah penjualan yang Anda tak akan pernah Anda miliki dengan cara lain. Biaya apa yang dikenakan  untuk memiliki model penjualan tersebut melalui saluran periklanan tradisional? Iklan Andapun bahkan belum tentu membawa hasil yang diinginkan?

Perlu diingat bahwa dengan penurunan pengaturan pengiriman ini, Anda hanya membayar untuk hasil. Ketika reseller mengecer  produk Anda mereka benar-benar menerima keuntungan yang lumayan. Anda dapat melihatnya sebagai komisi penjualan. Anda hanya menerima keuntungan 40% hingga 50% per penjualan produk namun  menghasilkan lebih banyak keuntungan dibandingkan dengan tanpa sistem dropshipping. Anda mengirimkan langsung ke pelanggan untuk reseller Anda.

Jadi, apakah Anda menjual produk orang lain atau Anda sendiri, dropshipping  dapat meningkatkan penjualan Anda, melestarikan modal, dan memaksimalkan keuntungan bisnis.