Meski Emas LLG Naik, Harga Emas Antam Tak Bergerak

By on July 19, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,045 kali
Emas Antam

Meski Emas LLG Naik, Harga Emas Antam Tak Bergerak

Investasi Emas – Harga emas LLG ditransaksikan terpantau pada kisaran 1291,25 US$ per toz. Nampaknya harga dari komoditas ini menurun 0,25 $ dibandingkan pada penutupan dini hari yang mana ada di kisaran 1291,50 US$ per toz. Sementara di Antam harga dari logam mulia ini tidak terjadi perubahan alias tetap yang mana untuk harga emas batangan dijual Rp. 496.000/gr untuk minted bar dengan ukuran 1 gram.

Adanya pergerakan dari harga logam mulia pada hari ini dipengaruhi oleh kurs dolar yang megalami pergerakan sentimen negatif yang nampaknya semakin menguat, jadi harga logam mulia ini masih dapat ditopang. Pada dasarnya menguatnya nilai mata uang dolar dikarenakan beberapa faktor diantaranya rilisnya data dari Department of the Treasury dimana dalam perdagangan instrument sekuritas untuk jangka panjang mengalami defisit.

Perkembangan dari harga logam mulia itu dapat dilihat pada indikator ekonomi TIC jangka panjang dimana terjadi penurunan dari angka -21.B ke angka -27.2B. Dengan laporan ini bisa menujukkan adanya performa yang menurun, padahal sejumlah ekonom memprediksikan akan bisa naik ke angka 14.3B.

Efek dari menurunnya data laporan tersebut nampaknya cukup besar, sehingga para investor lebih cenderung untuk melepas mata uang dollar AS lantaran dilaporkan pada sektor industri AS memiliki kinerja yang positif. Federal Reserve juga mengumumkan adanya kenaikan pada industrial production m/m pada kinerjanya juni lalu dari 0,0% menjadi 0,3%.

Emas telah anjlok 5,9% semenjak 22 Mei lalu Bernanke mengisyaratkan bahwa dalam program pembelian obligasi di bank sentral dapat semakin meruncing dan hal ini seharusnya juga bisa membuat ekonomi terus membaik. Pada hari ini Nilai Dolar AS juga mengalami penguatan sebelum data AS menunjukkan peningkatan bulan kedua pada sektor perumahan.

Untuk emas berjangka, pengirimannya di bulan agustus 2013 akan diperdagangkan pada kisaran $ 1,291.60/ons di Comex New York. Berdasarkan Bloomberg Index dolar, nilai Dolar akan kembali dihentikan selama 2 hari kerugian apabila telah mencapai titik terendahnya 1 bulan kemarin.

Adanya kenaikan dari komoditas emas tersebut tidak turut diikuti oleh jenis logam mulia yang lain dimana untuk pengiriman perak mengalami penurunan pertama kalinya dalam 3 hari atau menurun sekitar 0,4% sehingga menjadi $ 19,9482/ons, sementara pada perdagangan sebelumnya diperdagangkan di harga $ 19,968.

Untuk Spot platinum juga sedikit mengalami perubahan pada $ 1,422.30/ons, setelah pada sebelumnya mengalami kenaikan selama 7 hari atau mendapati streak terbaik sejak januari lalu. Palladium juga kehilangan 0,2% menjadi $ 734,80/ons.

Seorang analis dari VIbiz Research pada Vibiz Consulting turut memprediksikan bahwa harga dari logam mulia emas masih akan berpeluang bisa mengalami kenaikan berdasarkan indikator teknikal yang hasilnya positif layaknya RSI yang kembali mendekati pada level 70 serta adanya laporan mengenai permintaan akan emas fisik dari negara Asia dan India meningkat.