Meraup Untung Bisnis Showroom Mobil, Ini Tips dan Triknya

By on March 27, 2017 | Artikel ini Sudah di baca 185 kali

Inspirasi Bisnis – Persaingan kerja di zaman yang dinamis sekarang ini semakin ketat. Kita sebagai masyarakat modern dituntut untuk menjadi lebih kreatif dari hari ke hari ketika kita ingin menang dan bertahan dalam persaingan. Setiap harinya, selalu ada orang yang berhasil menciptakan peluang pasar baru dan mencuri konsumen di pangsa pasar dengan strategi laut merah.

Pekerjaan bukan hanya soal mengabdi pada perusahaan. Jika Anda sudah bosan menjadi seorang karyawan yang terikat oleh aturan dan tidak bisa bebas mengeksplorasi potensi dan kelebihan Anda, maka jawabannya adalah segera beralih menjadi seorang pengusaha dan mendirikan bisnis sendiri sesuai keinginan.

Mendirikan bisnis sendiri adalah alternatif pekerjaan yang saat ini mulai banyak dilirik, terutama oleh kaula muda yang bosan akan kekangan aturan kerja yang (mungkin) menjenuhkan. Kalau masih bingung mau mendirikan bisnis apa, mengapa tidak coba usaha showroom mobil dengan panduan dan tips berikut ini?

1. Perluas Jaringan Relasi

Untuk urusan bisnis, relasi bisa jadi kunci sukses. Semakin luas relasi yang Anda miliki, akan semakin mudah mendapatkan orang-orang inti dalam bisnis showroom mobil ini: supplier dan buyer.

Bukan hanya menjalin relasi dengan orang perseorangan, jalinlah relasi yang baik dengan pihak bank dan perusahaan pembiayaan. Dua perusahaan ini adalah yang paling lekat dengan bisnis showroom mobil.

Jika telah memiliki relasi dengan perusahaan pembiayaan yang memiliki banyak cabang hingga ke daerah pelosok. Jalinlah kerja sama baik. Saat Anda mampu menunjukkan kemampuan bisnis yang mumpuni, mereka pun tak akan ragu memberikan bonus dalam berbagai bentuk pada Anda.

2. Perkaya Informasi Mengenai Mobil Bekas yang akan Dijajakan

Apa pentingnya mengetahui informasi mengenai mobil bekas yang akan dijual? Hubungan dengan konsumen! Bisa jadi suatu hari akan menemukan konsumen yang baru pertama kali akan membeli mobil dan membutuhkan referensi mengenai mobil apa yang tepat.

Kemampuan Anda dalam menjelaskan produk mobil bekas yang dijual ditambah jika bisa memberikan saran dan trik bagi konsumen akan bisa berbuah manis dengan potensi promosi gratis dalam bentuk kesan baik yang tersebar dari mulut ke mulut. Kalau begini, alokasi dana untuk mengiklankan bisnis pun juga bisa ditekan.

3. Usahakan untuk Mendapat Produk dari Tangan Pertama

Tentu saja, ketika mendapatkan mobil bekas bukan dari tangan pertama, Anda tidak bisa mengharapkan terlalu banyak keuntungan dari bisnis yang dijalankan. Dari sini, mulai terlihat pentingnya memiliki relasi yang luas.

4. Selalu Mempertahankan dan Meningkatkannya Kualitas

Promosi mampu menggaet konsumen baru untuk mendatangi bisnis Anda. Akan tetapi kualitaslah yang menjaga konsumen agar tetap loyal dan tidak berpindah pada pesaing. Dalam menjajakan produk mobil bekas, ada baiknya Anda tidak menerima semua mobil bekas yang hendak dijual kembali.

Perhatikanlah kualitas produk. Hal ini termasuk jenis dan merek mobil yang diminati pasar yang menjadi target konsumen. Jangan pernah membohongi konsumen. Katakan kondisi produk apa adanya namun tekankan kekuatan yang dimiliki sehingga konsumen mau mempertimbangkan untuk membelinya.

5. Berpromosi Secara Cerdas

Sebagai salah satu aspek penting dari sebuah bisnis, strategi promosi harus dilakukan secara cerdas. Mungkin iklan baris di koran masih menjadi minat, tetapi mengapa tidak coba untuk semakin mendekatkan diri dengan konsumen?

Penggunaan media sosial saat ini menjadi teknik yang cukup ampuh untuk melakukan promosi cerdas: sampai pada sasaran konsumen dan berbiaya rendah. Untuk apa masih mempertahankan dan lebih memberatkan promosi dengan cara lama ketika cara baru bisa lebih menguntungkan?

6. Menyediakan Ruang Showroom yang Memadai dengan Lokasi Strategis

Untuk lebih memuaskan hasrat beli konsumen, sediakan showroom yang memadai dan berlokasi di tempat strategi. Tidak perlu terlalu luas tapi pastikan tempatnya ramai oleh lalu lalang orang dan didesain dengan rapi dan terang guna menarik minat pembeli. Jangan lupa untuk tetap menjaga kerapian dan kebersihan karena showroom yang terlihat kurang terawat bisa saja mengurangi nilai dan daya beli di mata konsumen.
Gigih dan Inovatif

Kunci kesuksesan sebuah bisnis memang terletak pada kegigihan para pelaku bisnisnya yang tidak henti-hentinya berinovasi. Selain itu, kecerdasan juga dibutuhkan untuk tetap bisa memenangkan pasar dan bertahan dalam persaingan. Penerapan teknik-teknik bisnis yang tepat dan peka terhadap pasar adalah kombinasi kecerdasan yang wajib dilakukan untuk bisa menang meski dikenal sebagai pemain baru dalam bisnis tersebut.

 

 

 

 

 

Sumber: cermati.com

Incoming search terms:

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty