Menjual atau Membeli Saham

By on June 21, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,329 kali
Investasi Saham

Menjual atau Membeli Saham

Bagi anda yang telah melakukan pembelian saham, maka anda harus mengawasi kinerja saham itu setiap saat dengan memanfaatkan media yang ada seperti harian nasional maupun media lainnya yang juga mempublikasikan informasi dari bursa efek. Selain itu untuk mengetahui informasi dari perdagangan real time dapat anda ketahui dari provider yang telah terhubung dengan para trader.

Apabila kita berbicara mengenai cara umum yang biasa digunakan oleh para pelaku investasi untuk mendapatkan atau membeli sebuah saham, maka anda bisa melihat tipsnya dibawah ini :

1. Lakukan pembelian saham ketika ada penawaran umum atau biasa disebut dengan pasar perdana.

Untuk informasi perihal perusahaan yang melakukan penawaran atas sahamnya pertama kali kepada para investor, hal ini dapat anda ketahui dari prospektus secara ringkas yang biasanya diiklankan 2 kali di harian nasional atau bisa juga di publik ekspose maupun di prospektus sebuah perusahaan. Bagi anda yang hendak melakukan pembelian saham dalam pasar perdana, maka anda bisa melakukan pengisian formulir pemesanan yang biasanya terdapat di dalam prospektus ringkas atau bisa juga ada pada agen yang menjual saham kemudian mengirimkannya kembali formulir tersebut yang disertai dana yang dikirimkan kepada alamat yang ditentukan.

Disini terdapat berbagai kemungkinan kondisi yang terjadi apabila suatu perusahaan menjual sahamnya perdana ke masyarakat:

    • (undersubscribed) Terbatasnya jumlah total saham yang ditawarkan sebuah perusahaan, sedangkan kebutuhan pesanan saham sendiri jauh lebih besar.
    • Total jumlah keseluruhan saham yang dipesan sama dengan yang ditawarkan sebuah perusahaan.
    • (oversubscribed) Total keseluruhan jumlah saham yang ditawarkan lebih dari jumlah saham yang dipesan.

Dalam kondisi yang demikian (undersubscribed) maka anda akan mendapatkan saham yang sama dengan yang anda pesan alias tanpa adanya sisa. Akan tetapi bila yang terjadi adalah (oversubscribed) maka biasanya akan dilakukan penjatahan dengan cara diundi. dengan demikian yang terjadi jumlah dari saham yang didapat lebih sedikit ketimbang yang dipesan atau bisa jadi malah tidak mendapatkan saham. Jadi lakukan konfirmasi yang jelas tentang saham yang anda dapatkan serta tentang pengembalian dana apabila suatu saat terjadi oversubscribed yang bisa anda terima berdasarkan jadwal yang disepakati dan yang telah dicantumkan di prospektus.

2. Melakukan pembelian saham yang sudah beredar di pasaran.


Peran penting adanya bursa efek sekarang ini yaitu memfasilitasi jaringan suatu perdagangan efek atau bisa juga berperan sebagai suatu pasar sekunder di setiap efek yang dicatat pada bursa. Dengan melalui jaringan tersebut seorang anggota dari bursa bisa melakukan perdagangan efek, salah satunya aktivitas jual beli saham.

Menurut ketetapan yang ada, seorang investor apabila hendak melakukan pembelian saham tidak bisa melakukan sebuah transaksi secara langsing kepada pihak penjual saham. Jadi pihak yang akan melakukan sebuah transaksi jual beli saham wajib memilih perusahaan efek untuk perantaranya.

Disaat anda memberi pesanan dalam penjualan saham pada seorang pialang, maka pada saat itulah harga dari penjualan saham tersebut sudah bisa anda tentukan sendiri tanpa harus menyebutkan batasan maupun meminta pialang supaya melakukan pencarian harga yang tepat yang dimungkinkan. Biasanya dalam menyelesaikan transaksi sebuah saham maka dilakukannya T+4 maksudnya apabila transaksi itu dilakukan di hari senin , maka penyelesaiannya berlangsung 4 hari bursa. Dan apabila prosesnya sudah selesai maka hasilnya akan segera di berikan kepada anda.