Menjelang Sore, Emas Dunia Mendaki ke Level Tertinggi

By on April 25, 2013 | Artikel ini Sudah di baca 2,426 kali
investasi emas

Menjelang Sore, Emas Dunia Mendaki ke Level Tertinggi

Menjelang sore (25/4), harga kontrak emas dunia mendaki ke level tertinggi sejak 15 April. Sekadar mengingatkan, 15 April merupakan hari di mana emas mencatatkan penurunan terburuk dalam tiga dekade terakhir.

Berdasarkan data Bloomberg, siang tadi, harga kontrak emas untuk pengantaran cepat naik sebesar 1,1% menjadi US$ 1.448,28 per troy ounce. Pada pukul 14.30 waktu Singapura, kontrak yang sama diperdagangkan di posisi US$ 1.445,75 per troy ounce.

Salah satu faktor utama yang mengerek harga emas adalah langkah bank sentral global dalam menambah cadangan emas mereka. Data yang dirilis Badan Moneter Internasional menunjukkan, Rusia dan Kazakhstan meningkatkan cadangan emas mereka untuk bulan keenam pada Maret.

“Sejumlah bank sentral dunia kemungkinan melihat penurunan harga emas sebagai kesempatan untuk membeli seiring dengan adanya kenaikan pembelian fisik emas,” jelas Dominic Schnider, head of commodities research UBS AG’s wealth management unit.

Sementara itu, harga kontrak minyak untuk pengantaran Juni naik 1,7% menjadi US$ 1.447,50 per troy ounce di Comex, New York. (Barratut Taqiyyah, Kontan)