Menguak Kelebihan dan Kekurangan Bertrading CFD

By on January 9, 2014 | Artikel ini Sudah di baca 3,072 kali
CFD-Trading

Menguak Kelebihan dan Kekurangan Bertrading CFD

Investasi Saham – Pada awal tahun 1990-an, beberapa institusi trader dan hedge fund besar mengajukan permintaan agar saham dapat dijual tanpa harus memiliki biaya yang besar dan melibatkan dana pinjaman. Untuk memenuhi permintaan ini, maka hadirlah Contract for Difference atau sering disingkat menjadi CFD yang merupakan produk derivatif turunan.

Sebagian orang mungkin masih merasa awam dengan trading CFD. Padahal kenyataannya trading CFD hampir sama dengan trading saham. Namun CFD hanya memerlukan kontrak sebagai jenis perdagangan yang tidak memerlukan aset fisik. Banyak sekali kelebihan dan kekurangan bertrading CFD. Mau tau apa saja? Yuk kita lihat saja ulasannya berikut ini.

Kelebihan Bertrading CFD

Ketika bertrading CFD, banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan. Dividen dan keuntungan modal yang biasa diperoleh pemegang saham juga bisa didapatkan oleh pemegang CFD. Tanpa diperlukan kepemilikan aset, investor tetap bisa berspekulasi pada pergerakan harga aset. Di bursa konvensional, CFD diperdagangkan dengan perfoma dan juga kuotasi yang sama dengan saham. Nilai suatu CFD akan naik dengan persentase sama dengan sahamnya.

Karena diperdagangkan dengan cara OTC atau Over The Counter, maka CFD memiliki likuiditas yang tinggi. Istilah partial fills pun tidak berlaku untuk CFD karena tidak adanya antrian order. Lebih baiknya lagi CFD tidak mempunyai tanggal kadaluarsa, berbeda dengan futures. Dengan fasilitas ini, maka Anda bisa mempertahankan posisi open kapan saja dan selama yang Anda mau.

Fasilitas Short Sell dalam bertrading CFD seringkali menarik banyak minat para investor. Setiap kesempatan baik dalam pasar bearish atau bullish, CFD dapat dijual atau dibeli terlebih dahulu. Inilah yang disebut dengan fasilitas short cell.

Perdagangan CFD juga mengizinkan untuk menggunakan rasio leverage yang lumayan besar, jadi modal yang diperlukan pun jauh lebih rendah. Biasanya keuntungan dalam saham akan terkena pajak, namun hal ini tidak berlaku untuk keuntungan modal yang diperoleh dari trading CFD.

Kekurangan Bertrading CFD

Segala sesuatu pastinya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sama dengan CFD. Memang rasanya menarik melihat segala kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika bertrading CFD. Tapi, tunggu dulu! Tingkat resiko trading CFD itu sangatlah tinggi. Dibalik return yang tinggi, pasti ada resiko yang tinggi pula. Fasilitas leberage dan margin trading yang Anda anggap sebagai keuntungan bisa menjadi pisau bermata dua yang malah menusuk Anda.

Itulah dia beberapa kelebihan dan kekurangan bertrading CFD. Ketika masuk kedalam aktivitas trading CFD, sebaiknya selalu berhati-hati dan menyiapkan strategi jitu agar tidak merugi. Keuntungan dan kerugian dalam trading CD biasanya akan dihitung ulang dan ditampilkan ke terminal perdagangan secara tepat waktu. Jadi Anda tetap bisa memantau terus aktivitas CFD ini kapanpun dan dimanapun. Selamat bertrading.