Menghancurkan Tembok Kebisuan: Membahas Keuangan Dengan Orang Tua

By on June 29, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 275 kali

Perencanaan Keuangan – Banyak dari kita berada di generasi fast food. Kita termasuk dalam kelompok yang indah dari keluarga yang masih dalam proses membesarkan anak-anak dan terkadang kita memiliki tanggung jawab tambahan untuk merawat salah satu atau kedua orang tua kita. Di waktu-waktu sebelumnya,  ini tak menjadi masalah hingga masalah uang atau perawatan kesehatan muncul. Biasanya ketika uang masuk  ke dalam percakapan,  itu adalah lantaran adanya bencana keuangan atau krisis kesehatan yang mau  tidak mau akan memaksa kita untuk menyelidiki buku rekening orangtua kita dalam upaya untuk memilah situasi. (Baca: Tips Bagi Orang Tua Membantu Keuangan Anak yang Telah Dewasa)

Apakah Anda benar-benar ingin menunggu krisis seperti timbul dalam keluarga besar Anda sebelum memulai percakapan keuangan? Atau Anda lebih suka menunggu sampai orang tua Anda tidak kompeten secara mental untuk membahas strategi keuangan. (Siapa tahu Anda terlambat menyadari bahwa orang tua Anda sudah semakin pikun).  Sebagian besar dari kita akan menjawab dengan:  “Tidak!” Namun, memulai percakapan tentang uang dengan orangtua dapat membuat kita agak sedikit frustasi. Sebagian besar orang tua berpikir mereka membantu dengan tanpa membebani Anda dengan masalah mereka. Sering, ketika kita mendekati orang tua dan mengajak bicara  tentang uang komentar mereka adalah: “Jangan khawatir tentang kami. Kami baik-baik saja, Nak. Kami telah menangani semua ini, kau hanya harus khawatir tentang keluargamu sendiri”. (Baca: Tips Mengajarkan Pada Anak Tentang Keuangan)

Apapun upaya Anda untuk dapat duduk bersama orang tua Anda dan membahas masalah keuangan, jangan abaikan enam percakapan penting yang perlu dibahas di bawah ini:
1.Gambaran Besar Percakapan (Apa yang kita inginkan untuk perawatan jangka panjang kita?)
2.Percakapan Uang (Apa saja yang kita miliki, di mana saja, bagaimana kita sampai ke sana?)
3.Percakapan Rumah (Berapa nilainya, bagaimana kita menggunakannya, bagaimana kita meninggalkannya?)
4.Percakapan Properti (Apa yang hendak kita tabung dan simpan? Apa yang  ingin kita berikan?)
5.Percakapan Pemeliharaan dan Perawatan (ke mana kita akan melangkah, apa yang kita butuhkan, siapa yang menyediakannya?)
6.Percakapan Warisan (Bagaimana kita diingat, siapa yang akan mengingat kita, dan kapan kita berbicara tentang kenangan kita? Percakapan ini lebih pada warisan kasih sayang, jangan seperti Anda mengharapkan orang tua Anda segera menuliskan surat wasiat atau pembagian warisan.)

Kami sangat merekomendasikan bahwa siapa saja melakukan diskusi ini dengan orang tua mereka. Orang tua pernah produktif dan berhasil membuat transisi dari berbagai tahap kehidupan selama umur panjang mereka. (Baca: Cara Mengajarkan Kelola Keuangan Untuk Anak Remaja Anda)

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty