Mengetahui Keuntungan Dan Risiko Investasi Reksadana

By on March 30, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 325 kali

Investasi Reksadana – Dibalik keuntungan investasi reksadana, terdapat beberapa risiko yang dapat membawa kerugian bagi investor. Sudah menjadi pemahaman umum bahwa bisnis investasi tidak hanya mendatangkan keuntungan saja. Tapi kerugian yang didapatkan dari risiko investasi selalu menyertai bisnis yang belakangan sangat diminati ini. Meski banyak risiko yang harus dihadapi para investor, namun hal ini sama sekali tidak menyurutkan minat investor untuk terus melakukan investasi. Hal ini tidak lain karena risiko yang harus Anda ambil sangat sebanding dengan keuntungan yang akan Anda dapatkan dari investasi ini.

Keuntungan investasi reksadana

Selama ini reksadana seringkali dijadikan sebagai solusi alternatif investasi bagi mereka yang tidak banyak memiliki waktu untuk berinvestasi. Selain tidak memiliki waktu, mereka juga tidak memiliki keahlian yang cukup untuk menghitung risiko investasi yang mereka miliki. Sehingga pemilik reksadana biasanya akan menyerahkan investasinya untuk dikelola pihak yang lebih profesional dalam hal ini manajer investasi. Sehingga keuntungan yang didapatkan dari reksadana tidak hanya satu melainkan banyak keuntungan memilih investasi reksadana.
Bagi pemilik modal dalam hal ini investor, dengan dana yang terbatas atau tidak terlalu besar, investasi dapat dilakukan dengan diversifikasi investasi. Tentunya diversifikasi investasi dilakukan dalam efek yang disediakan reksadana. Hal ini akan membuat risiko investasi menjadi lebih kecil. Sebagai contoh nyata, seorang investor dengan dana kecil tidak mungkin memiliki portofolio obligasi. Namun reksadana mampu mengumpulkan dana yang cukup besar sehingga diverisifikasi semakin mudah dilakukan. Diversifikasi dapat dilakukan untuk instrumen investasi pasar modal atau pasar uang sebagai salah satu jenis investasi reksadana.

Keuntungan lain yang didapatkan investor adalah reksadana mampu memudahkan investor untuk investasi di pasar modal. Untuk menentukan saham terbaik yang dapat dibeli tidaklah mudah. Banyak keahlian sekaligus pengetahuan yang dibutuhkan untuk menentukan saham yang dapat dijual. Selama ini tidak banyak investor yang memiliki keahlian tersebut. Sehingga reksadana memberikan fasilitas yang cukup mudah bagi para investor untuk bekerja di pasar modal. Tidak semua investor mampu bekerja di pasar modal dan menghasilkan keuntungan.

Waktu yang Anda butuhkan untuk mengelola investasi reksadana juga sangat fleksibel. Sebagai investor, Anda tidak harus terus memantau investasi yang Anda lakukan. Dengan investasi reksadana sangat memungkinkan semua dana yang tersebar dapat dikelola manajer investasi profesional dan terpercaya. Sehingga pihak investor tidak perlu merasakan cemas atau pusing mengurusi investasi sementara disaat yang sama pekerjaan profesional menuntut tenaga dan waktu yang cukup banyak darinya.

Risiko investasi reksadana

Saat memutuskan untuk mulai berinvestasi, saat itulah Anda harus menyadari semua risiko yang ada. Dengan risiko ini, Anda akan lebih berhati-hati selama menjalankan bisnis investasi. Berikut ini beberapa risiko yang mungkin Anda hadapi saat melakukan investasi:

  • Berkurangnya nilai unit penyertaan
    Risiko ini datang karena pengaruh turunnya harga efek atau saham, obligasi dan beberapa surat berharga lainnya. Tentunya efek tersebut menjadi bagian dari portofolio reksadana. Sebagai investor, penurunan nilai unit penyertaan ini tentu akan mendatangkan kerugian untuk Anda. Namun risiko ini selalu dapat diminimalisir sehingga tidak menimbulkan kerugian yang lebih besar.
  • Risiko likuiditas
    Biasanya risiko likuiditas terjadi pada manajer investasi. Risiko ini terjadi karena mayoritas pemilik atau pemegang unit melakukan aktivitas menjual kembali atau redemption. Penjualan dilakukan pada unit-unit penyertaan yang dimilikinya. Akibatnya manajer investasi akan kesulitan menyediakan uang tunai yang harus dibayar dari aktivitas menjual kembali tersebut
  • Risiko wanprestasi
    Wanprestasi adalah risiko invetasi yang paling buruk terjadi. Risiko ini dapat terjadi karena perusahaan asuransi, yang dipercaya memegang jaminan asuransi kekayaan reksadana tidak membayar ganti rugi dari jumlah pertanggungan yang harus dibayar saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama investasi dijalankan.

Semua kerugian ini tidak seharusnya membuat para investor mundur karena keuntungan investasi reksadana sangat sepadan dengan risiko yang harus diambil investor.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty