Mengetahui Jenis-Jenis Dividen Dalam investasi Saham

By on September 13, 2016 | Artikel ini Sudah di baca 489 kali

Investasi Saham – Merasa jenuh ketika teman Anda membicarakan saham, namun Anda tidak mengerti sama sekali? Mengapa tidak ikut mencoba ikut mencobanya? Saham biasanya berbentuk sertifikat atau dokumen yang berguna sebagai hak kepemilikan modal atas sebuah perusahaan. Anda akan disebut sebagai “pemegang saham” ketika Anda membeli atau menaru modal ke sebuah perusahaan dan mendapat sertifikat. Ini artinya Anda turut ikut andil dalam kepemilikan perusahaan tersebut dan juga berhak mendapatkan laba.

Pada umumnya, investor saham bisa mendapatkan profit dari dua cara. Pertama, adalah dengan mendapat selisih dari harga jual dan harga beli saham tersebut. Misalnya saja, Anda membeli saham yang masih berharga murah namun memiliki prospek yang cerah. Beberapa tahun berikutnya, perusahaan tersebut meningkat cash flow nya. Jelas harga saham tersebut akan naik, dan Anda bisa menjualnya. Keuntungan seperti ini disebut dengan capital gain atau keuntungan modal.

Cara kedua yaitu dengan mendapatkan profit berbentuk dividen. Apa itu dividen? Perusahaan tiap kuartalnya akan mendapatkan laba. Laba ini nantinya akan dibagikan pula untuk para pemegang saham. Semakin besar dividen yang diberikan oleh sebuah perusahaan, maka sinyal positif naiknya nilai saham pada perusahaan tersebut akan semakin meningkat pula. Istilahnya, perusahaan dan pemegang sama-sama saling menguntungkan. Hubungan seperti ini bisa disebut sebagai simbiosis mutualisme dalam dunia bisnis dan saham.

Sebenarnya, dividen tidak hanya dibagikan ke dalam bentuk uang tunai. Ada jenis-jenis dividen dalam investasi saham yang patut Anda ketahui. Apa sajakah jenis-jenis dividen dalam investasi saham?

  1. Dividen Tunai
    Ini adalah jenis dividen yang paling sering dibagikan. Perusahaan akan membagi laba dalam bentuk uang tunai dalam jumlah tertentu. Biasanya dividen ini akan dikenai pajak sesuai dengan hukum yang berlaku pada tahun pengeluarannya.
  2. Dividen Saham
    Investor diberiken dividen yang berupa saham. Jadi, investor bisa memiliki saham dalam jumlah yang banyak.
  3. Dividen Properti
    Untuk dividen yang dibagikan dalam bentuk aset, dividen ini disebut sebagai dividen properti.
  4. Dividen Skrip
    Perusahaan akan mengirim dividen berbentuk wesel bayar untuk jenis dividen yang satu ini.
  5. Dividen Likuidasi
    Nomer terakhir dalam jenis-jenis dividen dalam investasi saham ditempati oleh dividen likuidasi. Ketika sebuah perusahaan mengalami kebangkrutan, pemegang saham juga berhak mendapat dividen berupa pemulangan modal. Namun, hal ini hanya berlaku jika perusahaan tersebut masih memiliki sedikit sisa kekayaannya. Jika tidak ada yang tersisa, maka pemegang saham tidak akan mendapat apa-apa.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai dividend an jenis-jenis dividen dalam investasi saham. Pemegang saham dapat meningkatkan kekayaannya dengan memperoleh dividen. Sayangnya, bermain saham juga memerlukan kecerdasan yang luar biasa agar tidak merugi nantinya. Semoga bermanfaat.

Program Referral
Keuntungan yang Anda akan Peroleh!

* Penghasilan Tanpa Batas
* Bonus Komisi Yang Dibagikan Setiap Bulan
* Jam Kerja Yang Fleksibel
* Dapat Dilakukan Secara Online Maupun Offline
* Anda Akan Mendapat Pelatihan Yang Komprehensif
* Anda Akan Mendapatkan Pengarahan Konsultasi
* Penghasilan anda; Komisi, Bonus Bounty