Mengendalikan Keuangan Melalui Manajemen Hutang

By on May 25, 2015 | Artikel ini Sudah di baca 2,398 kali

Perencanaan Keuangan – Anda telah menumpuk hutang yang mengancam bahkan merusak hidup Anda. Yang tersisa dengan Anda hanyalah sedikit uang untuk biaya sehari-hari setelah membayar untuk berbagai kepentingan dan juga pedang kepemilikan properti menggantung di atas kepala Anda. Apa yang Anda lakukan untuk keluar dari kekacauan ini? Anda menikmati kekacauan ini? Wah edan tenan hehehehe! Nah, obatnya terletak pada manajemen hutang. Anda mulai mengambil kendali keuangan setelah Anda memutuskan untuk secara aktif fokus pada manajemen hutang.

Manajemen hutang adalah segala hal tentang membawa kembali hutang Anda di bawah kendali Anda. Setiap teknik yang membantu dalam melakukannya berada di bawah manajemen hutang. Salah satu teknik yang populer untuk manajemen hutang adalah konsolidasi semua hutang ke dalam satu hutang. Untuk konsolidasi, peminjam mengambil pinjaman pada tingkat bunga yang lebih rendah dan membayar hutang sebelumnya sesegera mungkin. Akibatnya peminjam menghemat banyak uang yang akan menghindarkan membayar suku bunga yang lebih tinggi. Hal ini sangat efektif dalam mengelola hutang.

Dalam kasus Anda tidak dalam posisi untuk mengambil pinjaman konsolidasi, maka Anda harus memilih untuk bernegosiasi dengan pemberi pinjaman Anda. Anda mengambil rencana pembayaran kepada debitur Anda dan menunjukkan kepada mereka bagaimana Anda akan melunasi hutang-hutang Anda. Tidak ada pemberi pinjaman ingin mengambil bunga tinggi dengan memakan kepemilikan properti. Oleh karena itu, debitur bahkan dapat menurunkan suku bunga, mengurangi pengeluaran dalam cicilan bulanan dan dapat meningkatkan durasi pembayaran untuk kenyamanan Anda. Hal ini akan memberikan banyak waktu yang dibutuhkan untuk istirahat dari hutang.

Namun jika Anda tidak ingin bernegosiasi sendiri, untuk mengelola hutang, Anda harus memiliki bantuan dari sebuah perusahaan manajemen hutang. Pekerjaan dari perusahaan manajemen hutang adalah untuk menegosiasikan masalah hutang terkait dengan kreditor atas nama Anda. Negosiasi termasuk pengupayaan pembayaran bulanan yang lebih rendah kepada kreditur. Perusahaan bahkan membantu melakukan pembayaran bulanan Anda atas nama Anda. Hal ini sangat berguna jika Anda cenderung lupa melakukan pembayaran tepat waktu ke berbagai kreditur. Semua yang Anda lakukan adalah melakukan pembayaran gabungan dari angsuran bulanan Anda yang berbeda dengan perusahaan manajemen hutang.

Sebuah perusahaan manajemen hutang juga akan melakukan semua perhitungan bagi Anda untuk membuat berapa banyak pembayaran yang Anda harus buat ke arah kreditur. Jadi pengelolaan hutang hanya layanan dan tidak boleh keliru untuk penghapusan hutang. Anda masih memegang hutang-hutang utuh meskipun layanan pengelolaan hutang dicairkan.

Ada sejumlah perusahaan manajemen hutang yang tersedia secara online. Ketika memilih sebuah perusahaan manajemen hutang, pastikan Anda juga mencari layanan konseling kredit. Konseling kredit sangat penting dalam memperkuat Anda secara finansial. Seorang konselor kredit menawarkan tips penting dalam membuat anggaran sedemikian rupa sehingga Anda tidak hanya menyingkirkan hutang namun lebih dari itu menunjukkan bagaimana untuk menjauh dari hutang di masa depan.

Apapun rencana aksi Anda mengadopsi manajemen hutang, taatilah. Jangan pernah santai dalam membayar angsuran sesuai jadwal baru. Manajemen hutang bertujuan untuk mengurangi beban keuangan dan yang bisa dilakukan juga dengan memotong biaya yang tidak Anda perlukan.